Mohon tunggu...
Aep Saepudin
Aep Saepudin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa STAI Riyadhul Jannah

Mahasiswa di STAI Riyadhul Jannah, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Revolusi Pendidikan Nasional

17 September 2022   20:00 Diperbarui: 17 September 2022   20:02 236 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk mengembangka bakat serta kemampuan setiap orang. Dengan pendidikan seseorang akan mampu menemukan arah tujuan hidupnya, karena pendidikan merupakan kunci utama alur kehidupan. Setiap orang yang berpendidikan akan terlihat berbeda dengan orang yang tidak berpendidikan.

Perbedaan itu bisa terlihat dari segi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pendidikannya. Orang yang berpendidikan akan lebih terlihat profesional ketika ia berbicara, karena gaya bahasa yang digunakan akan lebih nyaman, terarah serta mudah dimengerti oleh orang lain. Beda halnya dengan orang yang tidak berpendidikan, gaya bahasa yang digunakannya akan lebih campur aduk serta menggunakan gaya bahasa yang tidak menentu.

Namun, yang paling penting itu bukan soal perbedaan antara seorang yang berpendidikan dengan orang yang tidak berpendidikan. Tapi apakah bukti nyata sebagai hasil dari pendidikan itu telah terlihat atau bahkan dapat dirasakan dalam sendi kehidupan?

Jika pertanyaan itu yang dibahas sekarang, maka ada perlunya kita memperhatikan pendidikan yang ada di negara kita. Kalian pernah dengar ga istilah “Indonesia tidak kekurangan orang-orang pintar, tapi indonesia kekurangan orang-orang jujur” istilah yang singkat namun mengandung makna yang dalam serta mengandung fakta yang nyata. Namun, apa sebab yang menjadikan negara kita kekurangan orang-orang jujur?

Nah, disinilah kita akan mengupas “Revolusi Pendidikan Nasional”

Apa sih Revolusi Pendidikan Nasional?

Pengertian Revolusi Pendidikan Nasional

Berdasarkan istilah kata yang digunakan, Revolusi Pendidikan Nasional terdiri dari tiga kata yaitu  Revolusi “Perubahan”, Pendidikan “Proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan” serta Nasional “Bersifat Kebangsaan”. Secara istilah Revolusi Pendidiakan Nasional adalah “Perubahan sistem pendidikan yang ada pada bangsa indonesia agar terbentuk sistem pendidikan yang berkualitas”. Poin intinya adalan agar lulusan-lulusan pendidikan di indonesia bukan hanya sekedar mentransfer pengetahuannya saja, tapi disertai dengan memberikan penanaman prilaku serta akhlak dan budi pekerti yang baik.

 

Tujuan Revolusi Pendidikan Nasional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan