Mohon tunggu...
Amir
Amir Mohon Tunggu... Freelancer - Muhamad Amirullah

Hanya seorang content writer pemula

Selanjutnya

Tutup

Money

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online Shop

18 Juli 2018   09:13 Diperbarui: 18 Juli 2018   09:16 896
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak bisa dipungkiri jika setiap pemilik  online shop ingin meningkatkan omset penjualan mereka. Namun, kebanyakan pemilik online shop  masih belum mengetahui cara yang paling tepat untuk memasarkan produk mereka. 

Pada umumnya, mereka akan menghabiskan banyak dana (seperti melakukan pengiklanan pada beberapa sosial media ) tanpa mempelajari strategi apa yang tepat untuk mendapatkan banyak pelanggan seperti menyewa jasa pembuatan website profesional dan sebagainya. Oleh karena itu, para pemlik online shop wajib mengetahui cara yang tepat agar omset penjualan mereka meningkat.

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan omset penjualan online shop yang dapat Anda coba:

1. Mengoptimalkan penggunaan email

Sudah menjadi hal wajib jika setiap bisnis eCommerce mengirimkan email kepada para pelanggan mereka, tetapi para pemilik bisnis online shop tersebut masih kurang memaksimalkan penggunaan email untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Tahukah Anda bahwa email dapat meningkatkan penjualan dan menyenangkan pelanggan Anda? Penggunaan email tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagi sebagai catatan, tetapi juga dapat menyertakan proposisi nilai lainnya untuk menjaga pelanggan tetap terlibat dan meningkatkan kunjungan kembali ke online shop Anda.

Terdapat tiga cara untuk memaksimalkan penggunaan email untuk menarik lebih banyak pelanggan:

  • Menyertakan rekomendasi produk yang relevan
    Mengapa Anda harus melakukannya? Hal ini dikarenakan konsumen lebih menyukai ketika email yang Anda kirim pada mereka berisi produk yang direkomendasikan berdasarkan pembelian sebelumnya. Selain itu, hal ini juga dapat membantu Anda ketika menjual produk Anda.
  • Menambahkan kode diskon pada email
    Para pelanggan Anda pastinya akan merasa gembira jika mendapatkan kode diskon pada beberapa item ketika membuka email dari Anda. Secara otomatis, mereka akan mengunjungi online shop Anda dan melakukan pembelian pada produk dengan memanfaatkan kode diskon tersebut.
  • Meminta feedback pada pelanggan
    Dengan bertanya kepada pelanggan tentang bagaimana pengalaman mereka berbelanja di online shop Anda, maka Anda dapat belajar tentang poin-poin penting yang dapat memperbaiki kinerja online shop Anda, seperti layanan maupun ketersediaan sebuah barang.

2. Kirimkan email 'wishlist on sale' pada pelanggan

Sebagian besar pembeli eCommerce akan menambahkan beberapa produk ke daftar keinginan (wishlist) untuk dibeli nanti. Para pelanggan melakukan hal ini karena mereka kebanyakan akan membeli beberapa produk tersebut ketika terdapat diskon atau stok barang mulai menipis. Dikarenakan hal tersebut, Anda sebagai pemilik online shop harus mengirimkan email sebagai pengingat jika beberapa barang yang ada pada wishlist mereka sedang memiliki diskon atau sudah hamper habis agar para pelanggan berminat untuk membeli secepatnya.

3. Menonjolkan beberapa penawaran khusus

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun