Mohon tunggu...
AENA AENAULMARIYAH
AENA AENAULMARIYAH Mohon Tunggu... Guru - SMP N 1 Kebonagung

Hobi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Pembelajaran Menulis Teks Pidato Persuasif dengan Model Pembelajaran PBL dan Media Peta Pikiran

10 Desember 2022   10:05 Diperbarui: 13 Desember 2022   11:44 1204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Aena Aena Ulmariyah

Tanggal

09 Desember 2022

Situasi:

Banyak para siswa SMP yang merasa kesulitan dalam menulis Teks Pidato. Situasi yang menjadi latar belakang pembelajaran ini adalah Siswa   kurang   mampu   dalam   praktik  Menulis dan  berbicara   pada kompetensi menyusun dan menyajikan teks pidato persuasif . Hal ini terjadi disebabkan beberapa hal yaitu Siswa kurang percaya diri karena merasa tidak mampu berbicara secara runtut dan terarah, Pembelajaran    kurang   inovatif    sehingga    pembelajaran   yang diterapkan monoton, Model dan media pembelajaran yang digunakan kurang tepat. objek dalam pembelajaran ini adalah Siswa SMP N 1 Kebonagung Kab Demak tahun ajaran 2022/2023.

 Tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran ini adalah Setelah  melaksanakan  pembelajaran  model  problem  based  learning dengan Media Peta Pikiran, peserta didik dapat menyampaikan gagasan dalam pidato secara tulis dan lisan  dengan baik. Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan untuk Memberikan motivasi kepada Pendidik dan peserta didik, Sebagai bahan referensi bagi para Pendidik di SMP N 1 Kebonagung,  Sebagai  bahan  referensi  bagi  pendidik  yang mengalami masalah yang sama dengan penulis, Untuk selalu meningkatkan profesionalisme kita sebagai Pendidik di sekolah masing-masing.

Berdasarkan permasalahan di atas,  diperlukan pembelajaran    dengan menggunakan model dan media yang tepat sehingga pembelajaran inovatif dapat tercapai dengan baik. Oleh karena itu, penulis yang berperan sebagai guru mendesain pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara siswa dalam pembelajaran pidato persuasif dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Peta Pikiran.Persiapan dengan matang terkait membuat RPP, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian dan materi pembelajaran. Persiapan yang matang akan mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang disajikan sehingga kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan tujuan pembelajaran tercapai sesuai harapan pendidik. 

Dalam mencapai tujuan tersebut, beberapa tantangan yang dihadapi antara lain :

  • Memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan karakristik peserta didik
  • Peserta didik tidak terbiasa dengan model pembelajaran yang mengharuskan mereka untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.
  • Membutuhkan  persiapan  lebih  untuk  menyiapkan  alat,  masalah, konsep, media, dan persiapan lainnya.
  • Memerlukan waktu yang cukup panjang dalam pelaksanaannya.

Yang terlibat dalam kegiatan Pembelajaran

Banyak pihak yang terlibat dalam proses kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan.

  • Dosen dan guru pamong, keduanya selalu memberikan bimbingan dalam proses pelaksanaan pembelajaran
  • Kepala Sekolah sebagai pemberi ijin dalam kegiatan.
  • Teman sejawat, berperan dalam membantu praktikan.
  • Peserta didik, dimana Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran

Langkah langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan sebagai berikut :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun