Mohon tunggu...
Adzkia Arif
Adzkia Arif Mohon Tunggu... Sebarkan kebaikan lewat tulisan

Menulis adalah usaha untuk menjaga pemikiranmu agar tetap hidup. https://www.insanbumimandiri.org/en/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Halo Milenial! Jadikan Donasi sebagai Kebutuhanmu

31 Januari 2020   13:07 Diperbarui: 31 Januari 2020   13:18 76 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Halo Milenial! Jadikan Donasi sebagai Kebutuhanmu
sumber : insanbumimandiri.org

Kemajuan teknologi yang begitu pesat dan beralihnya zaman dari era konvensional menuju era digital telah mempengaruhi berbagai sektor kehidupan manusia. Keseharian kita saat ini sudah sangat dipengaruhi oleh mesin yang dirasa mampu mempermudah kehidupan manusia.

Meski memiliki beberapa dampak negatif, tapi dampak positif yang diberikan oleh teknologi tentunya lebih besar. Sebagai contoh, adanya ponsel memudahkan manusia dalam berkomunikasi tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

Seiring berjalannya waktu, saat ini ponsel sudah berevolusi menjadi smartphone yang bisa melakukan banyak hal. Mulai dari mendengar lagu, radio, mencari informasi dengan perantara google, menonton tv, hingga bermain game.

Saat ini bahkan sudah banyak wacana teknologi-teknologi yang nantinya bisa menggantikan peran manusia dalam berbagai profesi pekerjaan. Wah, sangat menarik ya. 

Namun, tentunya kita tidak boleh kalah dari teknologi ya, Sahabat. Jangan mau keberadaan kita sebagai manusia dikalahkan oleh teknologi yang kita ciptakan sendiri.

Teknologi tidak punya simpati dan kepekaan terhadap rasa seperti yang dimiliki oleh manusia. Teknologi hanya bisa melakukan apa yang sudah diprogramkan kepadanya tanpa bisa mengimproviasasi dan membedakan baik atau buruk. 

Tindakan terbaik yang bisa dilakukan adalah, manusia dengan bijak memanfaatkan teknologi untuk membantu kehidupan pribadinya dan orang lain.

Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam membantu kehidupan manusia adalah munculnya gerakan-gerakan sosial yang membuat platform donasi digital agar setiap orang punya kesempatan berbagi kepada mereka yang membutuhkan meski berada dalam zona waktu dan geografis yang berbeda.

Di Indonesia sendiri, gerakan-gerakan sosial ini menjelma menjadi badan usaha formal yang sah dan memiliki kekuatan hukum agar bisa bergerak lebih leluasa dalam mengumpulkan dan menyalurkan bantuan ke berbagai daerah. 

Tidak hanya di perkotaan, bahkan ada organisasi yang membukan kesempatan bagi orang-orang yang ingin memberikan bantuan kepada mereka yang hidup di pedalaman, yaitu Insan Bumi Mandiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN