Mohon tunggu...
Adytia GarieswaraFatahillah
Adytia GarieswaraFatahillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

unram 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Mahasiswa KKN Unram Melakukan Upaya Ketahanan Pangan di Desa Pringgabaya

18 Agustus 2021   11:44 Diperbarui: 18 Agustus 2021   14:29 124 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Rabu/11/08/21-Mahasiswa Universitas Mataram melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui program KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik periode semester genap tahun 2021. 

Pada program ini mahasiswa KKN Tematik Unram melakukan upaya ketahanan pangan di Desa Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya dengan mengerjakan beberapa program kerja seperti Penyuluhan Hidroponik dan pembuatan Hidroponik, Penyuluhan Budidaya Ikan Air Tawar dan Pembudidayaan Ikan Nila Anjani, dan yang terakhir adalah Penyuluhan Pupuk Organik dan Pembuatan Pupuk Organik Nabati. 

Program kerja tersebut dilakukan semata-mata sebagai upaya Ketahanan Pangan warga Desa Pringgabaya.

  1. Penyuluhan Hidroponik dan Pembuatan Hidroponik

Dokpri
Dokpri

Pada Jumat (25/06/2021) pukul 16.00 waktu setempat telah dilakukan penyuluhan Hidroponik dan Pembuatan media tanam Hidroponik dengan memanfaatkan botol bekas di Dusun Seimbang, Desa Pringgbaya, Kabupaten Lombok Timur. 

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memenuhi ketahanan pangan warga di Dusun Seimbang, dengan mengajarkan cara menanam Tomat dan Cabai menggunakan system Hidroponik. Menurut Ibu Ros warga setempat bahwa system Hidroponik berpengaruh dengan kecepatan tumbuh tanaman dibanding dengan media tanam seperti pada umumnya yaitu di tanah.


  1. Penyuluhan Budidaya Ikan Air Tawar dan Pembudidayaan Ikan Nila Anjani

Dokpri
Dokpri

Desa Pringgabaya memiliki beberapa Dusun yang memiliki potensi untuk pengembangan budidaya perikanan yaitu Dusun Ketapang dan Dusun Karang Kapitan. Salah satu Dusun tersebut memiliki sumber mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahun dan memiliki kolam untuk pembudidayaan ikan yaitu Dusun Karang Kapitan. 

Namun masyarakat pengelola kolam yaitu komunitas PADA RATA tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk menghasilkan ikan konsumsi dengan kualitas yang baik. hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan tentang teknik budidaya perikanan yang tepat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan