Jakarta

Dimulai dari Ubah Jakarta Mari Kita Bekerja Bersama Membangun Indonesia Lebih Baik

2 September 2017   01:53 Diperbarui: 2 September 2017   09:49 702 0 0
Dimulai dari Ubah Jakarta Mari Kita Bekerja Bersama Membangun Indonesia Lebih Baik
dokumentasi pribadi

Kemacetan sudah jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan di kota-kota besar seperti di Jakarta. Mereka yang beraktivitas harus berangkat pagi atau sibuk mencari jalan tikus. Sebelum pulang, mereka harus memutar otak biar tidak terjebak macet. Sampai saat ini permasalahan ini belum bisa teratasi.

Sebenarnya tidak bisa cuma menunggu solusi efektif dari pemerintah, kesadaran dan inisiatif dari kita untuk mengurangi kemacetan juga harus diwujudkan. Pertumbuhan kepemilikan kendaraan pribadi yang terus bertambah sementara infrastruktur jalanan tidak bertambah, jadi masalah yang harus dipikirkan bersama. Janganlah menganggap kemacetan sebagai hal yang sepele. Solusinya adalah dengan menggunakan transportasi publik seperti MRT contohnya.

Apa itu MRT? MRT ingkatan dari Mass Rapid Transitatau Angkutan Cepat Terpadu adalah sebuah sistem moda transportasi massal transit cepat. MRT yang sedang dalam pembangunan, dan akan siap beroperasi sebelum Asian Games 2018 yang akan diadakan di Jakarta-Palembang. Presiden RI saat ini sedang menggenjot pembangunan infrastruktur dan transportasi untuk kemudahan mobilitas masyarakat. Proyek MRT fase 1 ditargetkan selesai sebelum Asian Games 2018 yang nantinya akan menjadi pionir moda transportasi terpadu yang aman, nyaman, dan andal.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Mengingat Jakarta adalah ibu kota Indonesia, menyimpan lebih dari 9 juta jiwa. Diperkirakan bahwa lebih dari empat juta penduduk daerah sekitar Jabodetabek perjalanan ke dan dari kota setiap hari kerja. Masalah transportasi semakin mulai menarik perhatian politik dan telah meramalkan bahwa tanpa terobosan transportasi utama, kemacetan akan membanjiri kota itu menjadi kemacetan lalu lintas lengkap pada tahun 2020.

 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Saat ini MRT sedang dalam tahap pembangunan yang nantinya akan menghubungkan (Lebak Bulus-Bundarah HI) dan (Bundaran HI-Kampung Bandan). MRT Jakarta akan menggunakan kereta rel listrik produksi Sumitomo Corporation, Jepang. Kontrak antara PT MRT Jakarta dan Sumitomo Corporation telah ditandatangani pada tanggal 3 Maret 2015. KRL yang akan dioperasikan MRT Jakarta rencananya akan menggunakan sistem operasi kereta otomatis.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Nantinya seluruh masyarakat dapat menggunakan fasilitas publik ini sebagai sarana moda transportasi yang memberikan kemudahan dan kenyamanan tentunya. Benefit yang didapat dengan menggunakan MRT yakni : efisiensi waktu, kenyamanan, aman, dan pastinya terhindar dari kemacetan. Kenapa kita harus menggunakan moda transportasi terpadu, karena jika kita menggunakan moda transportasi terpadu secara tidak langsung kita sudah berpartisipasi dalam mengurangi kemacetan, polusi udara, polusi kebisingan, dan efek pemanasan global.

Di negara-negara maju masyarakat lebih sering menggunakan transportasi terpadu dibandingkan kendaraan pribadi. Karena mereka sadar akan dampak yang akan diterima. Dengan menggunakan moda transpotasi terpadu, tingkat kemacetan akan berkurang, kualitas udara menjadi lebih baik, dan tentunya tingkat kebisingan akan menurun drastis. Maka terciptalah suasana kehidupan kota yang kondusif, aman, dan nyaman.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Banyak yang akan ditawarkan dengan menggunakan moda transportasi terpadu seperti MRT seperti : kemudahan pembayaran dengan uang elektrik (e-money), kenyamanan, efisensi waktu, dan aman. Dibanding dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk mobilitas sehari-hari mulai dari resiko kecelakaan, biaya parkir, tenaga yang terbuang, biaya perawatan, biaya pajak, belum lagi jika terjadi kerusakan atau kehilangan. Jelas akan sangat merugikan pemiliknya bukan.

Kedepannya pemerintah akan membangun jalur dan moda transportasi baik itu dari sektor darat, laut, dan udara. Diharapkan kedepannya pembangunan yang merata di seluruh Indonesia, supaya ada kesetaraan akan kemudahan dalam mobilitas masyarakat. Karenanegara bisa maju apabila jalur transportasinya lancar.

Dimulai dari kita ubah Jakarta mari kita bekerja bersama bangun Indonesia untuk lebih baik. Karena kalau bukan kita siapa lagi. Sudah tugas kita para generasi millenial dan generasi Z yang akan melanjutkan estafet pembangunan Indonesia. Bukan tidak mungkin negara Indonesia akan menjadi mercusuar dunia seperti yang diharapkan Sang Proklamator RI. Jika kita melihat sejarah, Indonesia dulu adalah sebuah bangsa yang besar ketika masa kerajaan Majapahit. Yang namanya termahsyur pada zamannya. Ketika itu nenek moyang kita bersatu padu membangun negara ini hingga mencapai zaman keemasan.

Mari kita bekerja sama mewujudkan cita-cita Sang Proklamator Bapak Presiden RI Soekarno, yakni Indonesia menjadi mercusuar dunia. Dan membuat negara ini seperti dulu kala layaknya zaman kerajaan Majapahit yang mencapai titik keemasan. Karena Indonesia merupakan zamrud khatulistiwa, apa saja yang ditanam akan subur. Kaya akan sumber daya alamnya yang sangat melimpah. Jika kita bekerja bersama bersatu padu membenahi sumber daya manusianya tanpa memandang suku dan ras.

Berawal dari kesadaran kita masing-masing dan bekerja bersama membangun negeri ini. Tuhan tidak akan membiarkan umatnya begitu saja, Ia pasti mendengar dan melihat usaha umatnya yang ingin bangkit dari keterpurukan dan maju untuk lebih baik.

Ayo kita dukung dan sukseskan pembangunan MRT untuk perubahan moda transportasi Jakarta yang lebih baik kedepannya. Dan semoga tidak hanya di Jakarta, tetapi juga adanya pemerataan moda transportasi di seluruh Indonesia.


Please kindly your support and share

emoticon-Smilie
emoticon-Smilie
 

#LombaBlogMRTJakarta #UbahJakarta #MRTJakarta

Link | Instagram | Twitter | Facebook | Kaskus