Mohon tunggu...
Advertorial
Advertorial Mohon Tunggu... Editor - Akun resmi Advertorial Kompasiana

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Home Pilihan

Tips Memilih Tangki Air Berkualitas untuk Kesehatan

21 November 2022   13:00 Diperbarui: 21 November 2022   15:40 1873
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tangki air atau yang dikenal dengan toren adalah tempat menampung air yang lazim ditemukan di rumah-rumah maupun fasilitas umum lainnya. Memiliki tangki air yang baik merupakan hal yang sangat penting untuk dapat menunjang aktivitas sehari-hari.

Sesuai dengan fungsinya, tangki air juga memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas air yang ditampungnya. Tangki air yang berkualitas dapat menjaga kesterilan dan kebersihan air walaupun disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Namun, kualitas tangki air yang kurang baik dapat menyebabkan bertumbuhnya lumut dan juga menjadi tempat bersarangnya bakteri dan virus. Sudah pasti air yang ditampungnya pun menjadi tidak layak konsumsi dan berbahaya bagi kesehatan.

Untuk itu, perlu memilih tangki air yang berkualitas dan bebas lumut. Berikut ini adalah beberapa kriteria tangki air yang berkualitas:

1. Dinding Tangki Kedap Cahaya 

Doks. Penguin.id
Doks. Penguin.id
Pertumbuhan lumut pada tangki air biasanya disebabkan oleh sinar matahari yang tembus ke dalam tangki, karena sejatinya lumut merupakan tumbuhan yang membutuhkan cahaya matahari untuk berkembang biak dan berfotosintesis. Oleh karena itu, pilihlah tangki air dengan dinding yang kedap cahaya.

Tangki air yang kedap cahaya atau Light-proof memiliki dinding dapat menahan sinar matahari hingga tidak dapat tembus ke dalam, dan tangki akan terbebas dari pertumbuhan lumut.

Selain itu, dengan menggunakan tangki air yang Light-proof bisa mengurangi kerepotan untuk membersihkan lumut membandel yang selalu muncul di setiap beberapa waktu.

2.Tahan Paparan Sinar Matahari dan Cuaca Ekstrim

Seiring berjalannya waktu, produk plastik yang terpapar sinar matahari secara terus menerus akan rapuh, getas, dan pada akhirnya pecah. Maka dari itu, penting untuk memilih tangki air yang tahan terhadap kondisi tersebut. 

Saat ini sudah ada tangki air yang menggunakan teknologi Ultrashield yang dapat melindungi tangki air dari paparan sinar matahari dan cuaca ekstrim lainnya. Tentu saja dengan teknologi ini, tangki air akan lebih tahan lama dan warna tidak pudar. 

3. Memiliki Perlindungan dari Kuman dan Jamur

Tangki air yang baik memiliki keunggulan tahan dari pertumbuhan kuman dan jamur, serta menjaga kualitas air walaupun tersimpan cukup lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun