Mohon tunggu...
Advertorial
Advertorial Mohon Tunggu... Editor - Akun resmi Advertorial Kompasiana

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Pentingnya Memahami Komponen dan Fungsi pada Genset

18 November 2022   16:00 Diperbarui: 18 November 2022   16:01 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagian dari kita pasti sudah familiar dengan genset. Genset sering digunakan untuk menghasilkan listrik cadangan.Terutama ketika terjadi pemadaman listrik.

Genset sering digunakan untuk pemakaian pribadi, maupun digunakan untuk berbagai instansi tertentu, seperti rumah sakit, mall, pabrik, bandara, dan lain sebagainya.

Penting untuk mengetahui komponen dan fungsi yang ada pada genset. Hal itu dapat memberikan Anda lebih banyak kemudahan saat menggunakan genset. Apalagi jika mesin genset tiba-tiba mengalami masalah teknis atau troubleshooting. Jadi, Anda bisa memperbaiki sendiri.

Dengan demikian, penggunaan genset pun menjadi lebih baik dan juga tepat. Berikut ini adalah beberapa penjelasan komponen dan fungsi pada genset.

Komponen Genset dan Fungsinya

Mesin

Mesin adalah komponen yang terpenting. Hal ini dikarenakan mesin merupakan komponen yang menjadi sumber dari energi mekanis. Tentunya ini memerlukan bahan bakar seperti bensin dan juga gas untuk menghidupkan energi mekanik.

Alternator

Memahami alternator pada genset terbilang penting, karena alternator merupakan komponen yang berguna untuk mengkonversi energi yang dihasilkan mesin menjadi energi listrik. Alternator terhubung ke poros engkol mesin melalui sabuk.

Saat mesin berputar, ia menggerakkan sabuk, yang memutar poros rotor. Rotor pada dasarnya adalah magnet, dan area di sekitar magnet adalah konduktor, yang disebut stator. Komponen-komponen ini bekerja sama untuk menghasilkan listrik dalam bentuk arus bolak-balik (A/C).

Tangki Bahan Bakar

Tangki bahan bakar berguna sebagai penampung bahan bakar. Namun, tidak hanya memiliki fungsi tersebut. Komponen ini juga berguna sebagai durasi yang dihasilkan oleh mesin untuk tetap menghasilkan energi listrik. Semakin besar daya penampung, maka akan semakin lama juga jam kerja pada mesin genset.

doks. Hartech
doks. Hartech
Voltage Regulator

Komponen yang satu ini berguna untuk mengatur besaran dari tegangan yang dihasilkan oleh generator. Dengan keberadaannya, itu bisa membuat listrik yang dihasilkan oleh genset lebih stabil. Komponen ini juga bisa membuat penerima energi listrik lebih awet dan tidak mudah rusak.

Exhaust Cooling

Komponen pada genset yang satu ini berguna untuk meminimalisir panas saat mesin dihidupkan. Genset memang tidak mampu menahan munculnya panas yang dikarenakan reaksi elektrikal. Apabila komponen ini tidak ada, maka bisa mengakibatkan mesin meledak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun