Mohon tunggu...
Advertorial
Advertorial Mohon Tunggu... Akun resmi Advertorial Kompasiana

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

BPIP Resmikan Kampung Gotong Royong

29 Juli 2020   16:06 Diperbarui: 29 Juli 2020   16:07 163 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
BPIP Resmikan Kampung Gotong Royong
Wakil Kepala BPIP Haryono, meresmikan langsung Kampung Glintung Go Green di Kota Malang

Selasa (28/7/2020) Prof Hariyono selaku Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) secara langsung meresmikan Kampung Glintung Go Green di Kota Malang sebagai Pusat Pelatihan Membangun Kampung Berbasis Gotong Royong.

Terpilihnya Kampung Glintung, sebagai Pusat Pelatihan Kampung Gotong Royong juga sekaligus membina Kampung Wonosari Go Green yang letaknya tidak jauh dari Kampung Glintung, Kelurahan Purwantoro, Blimbing Kota Malang.

Menurut Hariyono, pusat pelatihan kampung gotong royong ini sesuai cita-cita pendiri bangsa yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Yang dilakukan ini bisa menjadi bagian dari sumber inspirasi dan prestasi di kampung-kampung yang ada di Indonesia.

Tidak hanya kedaulatan di bidang ekonomi, kata dia juga kedaulatan bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.

"Tanpa dipidatokan itu bisa menjadi kenyataan. Harapan besar pendiri bangsa kita menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, adil dan makmur. Itu diwujudkan bersama," bebernya.

Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) itu menekankan adanya sinergitas antara perguruan tinggi dan kampung karena inovasi ilmiah di kampus bisa diterapkan dan disesuaikan dengan kearifan lokal tataran kampung.

"Mencerdaskan kehidupan bangsa bukan orangnya saja tapi kehidupannya. Kami di sini juga belajar," ucapnya.

Prof Hariyono menandatangani prasasti secara simbolis yang dipajang dan disaksikan semua warga dan juga masyarakat tamu pengunjung yang belajar ke Glintung.

"Kita butuh sosok penggerak yang bisa menginspirasi bagi masyarakat sekitarnya seperti Pak Bambang ini. Kita butuh sosok seperti beliau," imbuhnya.

Inisiator Kampung 3G, Ir Bambang Irianto, mengatakan Rumah Prestasi Glintung Go Green sebagai Pusat Pelatihan Membangun Kampung Berbasis Gotong Royong memang sudah lama menjadi pilihan baik instansi pemerintah, komunitas atau kelompok PKK yang belajar ke Glintung. Bahkan beberapa mahasiswa juga melakukan studi banding.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN