Mohon tunggu...
Adriene Nabila Notodiharjo
Adriene Nabila Notodiharjo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Belajar di Universitas Negeri Jakarta

Senang mengetahui hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh di Era Digital

23 September 2022   17:23 Diperbarui: 23 September 2022   17:30 56 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Di gempuran era digital yang saat ini mempermudah segala akses kehidupan manusia lebih efektif dan efisien, membuat kita sebagai manusia selalu ingin menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari dengan menggunakan teknologi yang semakin canggih agar terorganisir dengan baik. 

Khususnya pada aspek kehidupan yang sangat penting untuk semua manusia yaitu pendidikan. Sudah hak kita sebagai manusia bisa merasakan pendidikan dengan layak. 

Dengan semakin canggihnya teknologi, membantu pendidikan dalam mengorganisir pembelajaran agar dapat terlaksana dengan efisien dan efektif. Saat pandemi melanda sekitar dua tahun, para pelajar dan mahasiswa dipaksa untuk beradaptasi dengan pembelajran jarak jauh. 

Sebagian dari mereka pastinya mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh, dimulai dari harus menatap layar gawai atau laptop dalam waktu yang panjang, belum lagi kesulitan mengakses materi di internet. 

Akan tetapi, pembelajaran jarak jauh harus tetap berjalan dan bahkan hingga saat ini masih diberlakukan pembelajaran jarak jauh. Salah satunya fasilitas digital yang dapat digunakan sebagai sumber belajar, sarana belajar serta dapat mengakses informasi yang akan membantu kita dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. 

Contohnya ialah salah satu Universitas di Jakarta yaitu Universitas Negeri Jakarta yang memanfaatkan teknologi dengan membuat website online learning yang biasa disebut Learning Management System (LMS). Yang berisikan materi, kuis, hingga diskusi bersama terkait materi yang sedang dibahas dan memiliki fitur-fitur yang mudah dipahami oleh mahasiswa.

Pembelajaran jarak jauh tidak bisa dinilai 100% tidak efisien dan efektif, karena pembelajaran jarak jauh mempermudah para pelajar dan mahasiswa untuk mengakses materi yang ingin dipelajari di mana dan kapan saja serta mudah diakses apabila sudah terdapat website sendiri. Semoga dengan adanya pembelajaran jarak jauh yang diterapkan dengan baik dan benar dapat membuat para pelajar dan mahasiswa menuangkan ide dan keinginannya dengan menggunakan aplikasi dan sumber belajar digital yang beragam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan