Mohon tunggu...
Adrianus Gulo
Adrianus Gulo Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Hobi membaca, olahraga, dan jalan-jalan. Mahasiswa UNPAM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen pada Perusahaan Oppo dalam Menghadapi Kompetitor

27 Juni 2022   21:30 Diperbarui: 27 Juni 2022   21:32 47 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sistem pengendalian manajemen adalah suatu proses yang menjamin bahwa sumber-sumber dapat diperoleh dan digunakan secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan organisasi. 

Pengendalian manajemen dapat diartikan sebagai proses untuk menjamin bahwa sumber daya manusia, fisik dan teknologi dialokasikan agar mencapai tujuan sebuah organisasi secara menyeluruh. 

Pengendalian manajemen berhubungan dengan arah kegiatan manajemen yang sesuai dengan garis besar pedoman yang sudah ditentukan dalam proses perencanaan strategi.

Sistem pengendalian manajemen adalah kesatuan pemikiran dari metode akuntansi manajemen untuk mengumpulkan dan melaporkan data serta mengevaluasi suatu kinerja perusahaan. Suatu sistem pengendalian manajemen berusaha mengarahkan berbagai macam usaha yang dilaksanakan oleh semua subunit organisasi agar mengarah pada tujuan organisasi dan tujuan para manajernya. 

Dasar dari sebuah pengawasan atau pengendalian suatu organisasi adalah proses perencanaan. Hasil dari sebuah perencanaan tersebut adalah misi, objektif, atau anggaran operasional yang secara keseluruhan akan disertai oleh sistem pengendalian. 

Sebuah sistem pengendalian manajemen yang baik seharusnya dapat membantu dalam proses pembuatan keputusan dan memotivasi setiap individu dalam sebuah organisasi agar dapat melakukan keseluruhan konsep yang telah ditentukan. 

Sistem pengendalian manajemen meramalkan besarnya penjual sebuah perusahaan. Tujuan sistem pengendalian manajemen adalah mengetahui sampai mana program yang sedang dilakukan oleh perusahaan, melihat apakah sudah sesuai dengan standar yang sudah ditentukan, serta mengetahui adanya berbagai penyimpangan dalam proses pengerjaan suatu aktivitas di suatu perusahaan yang dilakukan para karyawan.

Oppo adalah perusahaan elektronik konsumen dan komunikasi seluler. OPPO adalah salah satu merek ponsel pintar favorit dikalangan semua orang saat ini, terbukti bahwa OPPO pernah menjadi smartphone dengan penjualan terbanyak di Indonesia hingga Q1 2022. 

Dengan persaingan smartphone yang begitu sengit, penting bagi sebuah perusahaan untuk mempertahankan kesuksesan yang telah diraih agar bisa bersaing dan tidak disalip oleh merek ponsel lain. 

Dalam hal ini, OPPO menilai bahwa konsistensi terhadap strategi yang dilakukan adalah salah kunci untuk mempertahankan kesuksesan di kancah persaingan smartphone. Saat ini Oppo menjadi penguasa pasar ponsel Indonesia per Q1 2022 dengan persentase 22,3%, lalu di susul oleh Vivo dengan persentase 20,6%, Samsung 17,7%, Xiaomi 14,3%, Realme 11% dan merek ponsel lainnya sebesar 14,1%.

Setelah menjadi penguasa pasar saat ini, Oppo tidak berpuas diri. Perusahaan akan terus berfokus pada pengembangan produk yang relevan dengan kebutuhan pasar. Yang menjadi target market utama Oppo saat ini adalah kaum muda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan