Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Lainnya - Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan barang/jasa di industri hulu minyak dan gas Indonesia. Penulis buku Horizon (Ellunar Publisher, 2020) dan urun menulis buku antologi puisi Elipsis (Ellunar Publisher, 2020) serta Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu (Alinea Publishing, 2020). Pendiri dan penggiat literasi Pojok Baca Muaradua (POBAMA) ***semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi. Dilarang memuat ulang artikel untuk tujuan komersial.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Mengenal Istilah Zoom Fatigue dan Lima Cara Mencegahnya

5 Oktober 2021   14:49 Diperbarui: 6 Oktober 2021   20:45 745 27 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi seseorang mengalami zoom fatigue, kelelahan karena terlalu banyak mengikuti rapat virtual. Sumber: Kompas.com

Apakah akhir-akhir ini Anda merasakan tiba-tiba merasa lelah baik fisik maupun mental setelah seharian mengikuti rapat virtual di kantor?

Ataukah Anda merasa gelisah dan perubahan emosi yang cepat karena terus menerus berinteraksi secara virtual dengan rekan kerja ataupun teman di sekolah hanya melalui aplikasi pertemuan virtual seperti zoom, google meet, skype, facetime, dan lain sebagainya?

Nah bisa jadi hal tersebut karena kita mengalami Zoom Fatigue.

Semasa pandemi ini istilah zoom fatigue semakin populer dan banyak dialami masyarakat pada umumnya. Hal ini karena banyak aktivitas interaksi sosial kita semisal rapat, belajar ataupun mengobrol yang biasanya dilakukan secara langsung dan tatap muka beralih dalam platform virtual dengan berbagai aplikasi yang ramai digunakan semisal zoom, google meet, skype, facetime dan lain sebagainya.

Menurut Psikiater di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Gina Anindyajati, SpKJ  dikutip Tempo.co (21/04/21) mengatakan Zoom fatigue dapat terjadi karena ada kelelahan fisik akibat menghadap layar yang berlangsung lama, ditambah dengan kehabisan energi mental untuk selalu fokus pada pertemuan daring yang diadakan.

"Zoom fatigue adalah kelelahan fisik dan mental yang timbul akibat paparan dengan pertemuan daring yang lama tanpa jeda. Zoom fatigue bisa berkontribusi pada terjadinya burn out yang dialami pekerja," kata Gina.

Ilustrasi Zoom Fatigue: sumber: Columbiaspectator via sindonews.com
Ilustrasi Zoom Fatigue: sumber: Columbiaspectator via sindonews.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya ciri yang paling umum dari seseorang yang terkena sindrom zoom fatigue adalah rasa lelah yang luar biasa akibat secara maraton mengikuti pertemuan secara virtual.

Selain itu juga seorang yang terkena zoom fatigue biasanya akan kurang fokus dan lambat merespon ketika berinteraksi dengan peserta pertemuan lainnya. 

Dalam kasus ekstrem beberapa akan menyebabkan stres bahkan mood swing dan insomnia yang berkepanjangan dan bahkan dapat mengganggu fungsi mental dan fisik seseorang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan