Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan barang/jasa di industri hulu minyak dan gas Indonesia. Penulis buku Horizon (Ellunar Publisher, 2020) dan urun menulis buku antologi puisi Elipsis (Ellunar Publisher, 2020) serta Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu (Alinea Publishing, 2020). Pendiri dan penggiat literasi Pojok Baca Muaradua (POBAMA) ***semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Breaking News: Kilang Minyak Pertamina Balongan di Kabupaten Indramayu Terbakar Hebat!

29 Maret 2021   12:02 Diperbarui: 29 Maret 2021   19:11 514 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Breaking News: Kilang Minyak Pertamina Balongan di Kabupaten Indramayu Terbakar Hebat!
Kebakaran di Kilang Minyak Pertamina Balongan di Kabupaten Indramayu dini hari tadi (29/03/2021). Sumber: ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA

Peristiwa mengejutkan kembali terjadi setelah Bom di Katedral Makassar yang mengejutkan kita hari minggu kemaren, dini hari pukul 00.30  kita kembali  dikejutkan dengan kebakaran besar yang melanda kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Kabupaten Indramayu yang juga salah satu kilang strategis yang menopang suplai BBM di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya

Sampai saat ini kebakaran masih coba dipadamkan oleh petugas. Belum dipastikan berapa kerugian material yang diderita oleh Pertamina, namun sampai saat ini setidaknya ada 4 warga yang terluka akibat kebakaran ini. Api diduga kuat berasal dari sambaran petir yang terjadi ketika terjadi hujan lebat di sekitar lokasi.

Sejarah Kilang Minyak Pertamina  Refinery Unit (RU) VI Balongan di Kabupaten Indramayu

Kilang Minyak Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu. Sumber: Pertamina
Kilang Minyak Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu. Sumber: Pertamina
PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan merupakan kilang keenam dari total tujuh kilang dibawah Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero).

Kilang ini mulai beroperasi sejak tahun 1994 berlokasi di Indramayu, Jawa Barat. Kilang ini difungsikan untuk mengolah minyak mentah yang didapatkan dari daerah Duri dan Minas, Provinsi Riau.

Produk-produk unggulan yang diproduksi dari kilang ini diantaranya adalah Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, Kerosene, LPG bahkan Propylene. Produk-produk dari Balongan tadi didistribusikan ke daerah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat yang memiliki tingkat konsumsi BBM salah satu yang terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, keberadaan Kilang Minyak di Balongan ini sangat strategis dan vital bagi guna mendukung kestabilan pasokan BBM di daerah Ibukota dan daerah-daerah penyangga di sekitarnya.

Sejak Februari 2021 lalu, Pertamina memulai pembangunan teknologi dan fasilitas dengan teknologi baru guna meningkatkan kapasitas produksi khususnya Light Distillate Section dari 125 MBSD menjadi 150 MBSD.

Dilihat dari kapasitas produksi Kilang Balongan sebenarnya bukanlah kilang terbesar milik Pertamina di Indonesia. Kilang terbesar Pertamina dari segi kapasitas produksi adalah Kilang Minyak RU IV di Cilacap yang memiliki kapasitas produksi 340.000 barel per hari atau sekitar 33% dari produksi nasional.

Namun, dari segi teknologi karena pembangunan fasilitas terbaru dengan teknologi terkini bisa dikatakan Kilang Minyak Pertamina di Balongan, Kabupaten Indramayu adalah yang paling canggih dengan teknologi yang dapat lebih fleksibel memproses campuran Heavy Crude Oil dan juga Light Crude Oil.

Peristiwa  Kebakaran Dini Hari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x