Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan barang/jasa di industri hulu minyak dan gas Indonesia. Penulis buku Horizon (Ellunar Publisher, 2020) dan urun menulis buku antologi puisi Elipsis (Ellunar Publisher, 2020) serta Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu (Alinea Publishing, 2020). Pendiri dan penggiat literasi Pojok Baca Muaradua (POBAMA) ***semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama FEATURED

3 Sejarah Baru Tercipta Atas Terpilihnya Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wapres AS

8 November 2020   07:38 Diperbarui: 21 Januari 2021   08:15 2240 29 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Sejarah Baru Tercipta Atas Terpilihnya Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wapres AS
Ilustrasi. Sumber: abc.net.au

Joe Biden dan Kamala Harris dipastikan terpilih menjadi presiden dan wakil presiden Amerika Serikat ke-46 setelah memenangi electoral votes negara bagian Pennsylvania. Dengan kemenangan di Pennsylavnia ini Biden berhasil mengamankan suara elektor 273 melebihi minimal kuota 270 untuk menang dalam pemilu Amerika Serikat.

Kemenangan mereka ini pun telah dideklarasikan oleh berbagai media massa arus utama di Amerika Serikat seperti CNBC, NBC, CNN, Time, The Guardian, dan The Telegraph. Meski dari kubu Trump menyatakan mereka akan mengajukan tuntutan keberatan atas hasil pemilu di beberapa negara bagian.

Banyak pihak dari kalangan selebritas sampai masyarakat sipil yang tersebar di berbagai negara bagian yang merayakan kemenangan Biden dan Kamala ini baik di rumah maupun di jalanan tengah kota.

Mereka menyatakan ini adalah momentum perubahan dan persatuan bagi negara adidaya Amerika Serikat yang sempat terjebak dalam dilema jurang perpecahan ketika Trump memimpin.

Terpilihnya Biden dan Kamala ini juga menjadi tonggak sejarah baru bagi Amerika Serikat dari berbagai hal, setidaknya ada 3 sejarah baru tercipta atas kemenangan Biden dan Kamala ini.

Ilustrasi. Sumber: Associated Press
Ilustrasi. Sumber: Associated Press
Pertama, Joe Biden akan Menjadi Presiden Tertua Amerika Serikat
Biden akan mencapai usia 78 tahun pada 20 November 2020 ini. Dengan usia 78 tahun Biden adalah presiden tertua dalam sejarah Amerika Serikat. Rekor sebelumnya dipegang oleh Ronald Reagan yang mencapai usia 77 tahun ketika meninggalkan jabatannya sebagai Amerika Serikat.

Usianya ini sempat menjadi isu selama proses kampanye Biden, namun dengan bijak dia menyatakan bahwa hal tersebut adalah wajar dipertanyakan oleh masyarakat Amerika Serikat, namun dia berharap usianya tidak menghalangi kinerja dan profesionalismenya ketika nanti terpilih.

Ilustrasi. Sumber: Bay Area News Group
Ilustrasi. Sumber: Bay Area News Group
Kedua, Kamala Harris adalah Wakil Presiden Perempuan dan Keturunan Afrika-Asia Selatan Pertama Amerika Serikat
Kamala Harris akan menjadi wakil presiden perempuan sekaligus keturunan kulit berwarna (Jamaika-India) pertama dalam ratusan tahun sejarah Amerika Serikat.

Hal ini menjadi momentum bagi banyak pihak yang optimis akan perbaikan atas nilai-nilai perlindungan terhadap imigran, perempuan serta keturunan kulit berwarna yang selama ini mendapatkan persekusi dan diskriminasi di bawah pemerintahan Trump.

Kamala juga dikenal sebagai mantan Jaksa Agung Negara Bagian California serta pengalaman yang panjang menagani kasus-kasus kriminal terutama berkaitan dengan pelecehan seksual pada anak-anak.

Sebenarnya sejarah mirip hampir terjadi ketika Hillary Clinton berhadapan dengan Donald Trump, namun takdir berkata lain ketika Trump memenangkan electoral votes meski Clinton secara agregat popular votes memenangi beberapa juta suara dibandingkan Trump.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN