Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Menggelitik cakrawala berpikir

Seorang kuli di industri minyak dan gas Indonesia dengan ketertarikan pada dunia traveling, politik, sosial budaya, kepemudaan, sastra dan organisasi. Penulis buku Horizon terbitan Ellunar Publisher (Agustus 2020), urun menulis buku antologi puisi Elipsis terbitan Ellunar Publisher (September 2020) dan Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu, Fun Bahasa terbitan Alinea Publishing (September 2020).

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Memanas! Azerbaijan dan Armenia Kembali Perang

29 September 2020   08:15 Diperbarui: 29 September 2020   08:23 271 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memanas! Azerbaijan dan Armenia Kembali Perang
Perang Armenia dan Azerbaijan. Sumber: bbcindonesia.com

Seorang wanita menunjukkan kerusakan pada rumahnya setelah penembakan oleh pasukan Armenia di wilayah Tovuz Azerbaijan, Selasa, 14 Juli 2020. Sumber: Foto AP / Ramil Zeynalov dalam laman Tirto.id
Seorang wanita menunjukkan kerusakan pada rumahnya setelah penembakan oleh pasukan Armenia di wilayah Tovuz Azerbaijan, Selasa, 14 Juli 2020. Sumber: Foto AP / Ramil Zeynalov dalam laman Tirto.id
Perang senjata terburuk sejak 2016 pecah di daerah Nagorno-Karabakh wilayah Azerbaijan yang dihuni oleh kebanyakan etnis Armenia.

Diberitakan setidaknya ada 23 orang dari kalangan sipil dan militer anggota militer beserta beberap warga sipil yang meninggal dan terluka karena baku tembak antara militer Armenia dan separatis Armenia di Karabakh melawan militer Azebaijan

Dikutip dari BBC bahwa pemerintah Azerbaijan memberi keterangan bahwa setidaknya lima orang anggota tewas bersamaan ketika separatis Armenia mengebom desa Gashalty.

Di sisi lain separatis di Karabakh menyampaikan 16 anggotanya meninggal dan ratusan lainnya terluka.

Kedua kubu saling mengungkapkan bahwa merereka berhasil menjatuhkan persenjataan lawan.

Sampai saat ini serangan senjata di kedua belah pihak maish berlangsung dan memakan semakin banyak korban.

Ilustrasi. Sumber: wikipedia.com
Ilustrasi. Sumber: wikipedia.com
Latar Belakang Konflik

Nagorno Karabakh adalah wilayah yang menjadi perebutan dans engketa antara kedua negara selama puluhan tahun sejak mereka pecah dari Uni Soviet.

Diawali ketika pada 1991 ketika separatis Armenia yang tidak ingin menjadi bagian Azerbaijan mengambil alih Nagorno Karabakh. Mereka berhasil mengambil alih tempat tersebut didukung oleh Armenia.

Azerbaijan yang marah karena kedaulatannya diganggu oleh separatis yang didukung oleh Armenia mengecam dan balik menyerang separatis serta pihak militer Armenia.

Bahkan setelahnya terjadi perang yang cukup besar antara kedua negara dimana setidaknya 30 ribu orang meninggal menjadi korban peperangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN