Mohon tunggu...
Adnien Naurahufaira Inanda
Adnien Naurahufaira Inanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Rumah

25 Juli 2021   13:07 Diperbarui: 25 Juli 2021   13:32 183 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Rumah
Penyerahan surat izin KKN

Sudah lebih dari setahun sejak pandemi Covid-19 pertama kali melanda Indonesia. Sebagai upaya pencegahan penyebaran, pemerintah menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, serta menjauhi kerumunan. Kegiatan tatap muka terpaksa digantikan dengan kegiatan daring. Dampak yang ditimbulkan akibat pandemi ini pun tidak bisa dikatakan ringan, terutama terhadap aspek pendidikan dan ekonomi. 

Hal ini melatarbelakangi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI) dalam merancang tema Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode 2021 ini, yakni KKN Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi (KKN Tematik MDBPE-MBKM). 

Salah satu masalah yang dialami oleh masyarakat selama pandemi Covid-19 ini adalah kurangnya efektifitas dalam pembelajaran daring di rumah. Terlebih di daerah pedesaan yang kebanyakan penduduknya masih gaptek, pembelajaran menggunakan media berbasis daring masih sulit untuk diaplikasikan. 

Sayangnya masih banyak orangtua yang mengaku merasakan kesulitan mendampingi anak belajar daring, padahal menurut Kemdikbud, orangtua memegang peranan penting dalam pelaksanaan belajar dari rumah.  Dalam upaya menangani masalah ini, pembuatan media pembelajaran daring interaktif yang mudah dioperasikan serta pendampingan pembelajaran daring untuk orangtua dan siswa pun dibuat rencananya dalam program kerja.

Namun dikarenakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang masih belum efektif, kegiatan pendampingan pembelajaran ini terpaksa dicari alternatifnya. 

Para orangtua dan siswa diberikan materi-materi tentang berbagai tips penanggulangan Covid-19 dalam konteks pendidikan dengan tujuan membantu persiapan siswa dan orangtua dalam menyambut tahun ajaran baru. Materi-materi tersebut dikemas berupa poster edukasi agar mudah untuk dibaca dan kemudian disebarkan melalui WhatsApp. 

Salah satu poster edukasi yang disebarkan kepada orangtua
Salah satu poster edukasi yang disebarkan kepada orangtua

Video edukasi penanggulangan Covid-19 di bidang pendidikan dengan judul '5 Kiat Membuat Anak Semangat Belajar di Rumah' juga dibuat dengan tujuan meningkatkan peran orangtua dalam memotivasi dan mendampingi anak saat melaksanakan pembelajaran daring. Berikut link video dan rangkuman materinya:

1. Sediakan kondisi yang nyaman untuk belajar

Agar konsentrasi anak tidak buyar, sediakan tempat khusus yang nyaman untuk belajar. Jauhkan anak dari benda yang membuat mereka kurang fokus dan sediakan hanya benda yang dibutuhkan untuk belajar. Jika memungkinkan, pilihlah tempat yang minim kebisingan agar anak tidak merasa terganggu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN