Mohon tunggu...
Humaniora

Mengungkap Makna Lari Bersama AHY Menuju Indonesia Emas 2045

17 April 2017   11:45 Diperbarui: 17 April 2017   12:01 381 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengungkap Makna Lari Bersama AHY Menuju Indonesia Emas 2045
sumber foto: republika

Setelah mengucapkan pidato kekalahannya yang begitu kesatria dan mencuri perhatian. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memang jarang aktivitasnya terpublikasi, terakhir kali AHY muncul saat melakukan pertemuan dengan tim pemenangan dan relawan bulan Maret lalu.

Banyak yang bertanya-tanya, kemana AHY dan apa yang dilakukannya. Rasa penasaran publik makin tinggi saat nama AHY disangkut pautkan dengan Pilgub beberapa daerah, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Meski kabar itu telah dibantah pihak Demokrat, tapi jawaban itu belum memuaskan publik.

Minggu (16/4/2017) lalu, AHY muncul bersama Walikota Bogor, Arya Bima saat lari bersama di daerah Bogor. Kemunculan AHY langsung mencuri perhatian, masyarakat memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto bersama. Setelah Bogor, AHY akan melakukan lari bersama juga di Bintan, Kepulauan Riau.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa AHY memilih lari bersama sebagai wadah untuk bertemu dengan masyarakat dan apa kaitannya dengan mimpi Indonesia emas 2045?.

Saya mencoba mengulik sedikit rahasia pilihan tersebut. Bisa jadi benar, bisa juga prediksi ini salah. AHY sejak masih belum masuk akademi militer sudah suka dengan olahraga lari, saat sudah bertugas juga suka lari dan sering mendampingi anggotanya lari bersama.

Kenapa memilih lari?. Lari adalah olahraga yang murah meriah, hampir semua orang bisa melakukan dan dapat dilakukan dimana saja. Dalam olahraga lari, semua orang sama tidak dibedakan. Antara kaya dan miskin, tua dan muda, ataupun pemimpin dan kaum. Semuanya berada dalam jalur yang sama dan menghadapi kesulitan yang sama pula. Jika jalur larinya mendaki, maka seluruhnya akan melaluinya.

Jika mengaitkan dengan menuju Indonesia emas 2045. AHY mungkin mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bahu membahu, bekerja sama dalam mencapai mimpi tersebut. Semua orang mempunyai tanggungjawab yang sama dalam mencapai keinginan rakyat Indonesia tersebut. Tidak membedakan dia berasal dari mana, sukunya apa, agamanya apa dan status sosialnya seperti apa. AHY sepertinya ingin menciptakan rasa persamaan dan persatuan dalam mencapai mimpi tersebut.

Dengan mengunjungi banyak daerah dan berlari bersama, AHY ingin menyakinkan bahwa Indonesia emas tidak hanya akan dirasakan oleh masyarakat di pulau Jawa saja tapi akan merata keseluruh Indonesia. Dengan mengajak semua orang untuk itu serta, AHY juga menyakinkan bahwa siapapun yang ada di negeri ini mempunyai kesempatan yang sama dalam membuktikan darma baktinya.

Sekilas memang sederhana memilih lari, tapi secara makna sangat dalam. Dengan lari bersama, kesuksesan tidak diperoleh dengan siapa yang paling kaya, atau paling bagus pakaiannya, tapi kesuksesan dapat diraih dengan kerja keras dan kebersamaan.

Menurut saya, pilihan AHY menjadi lari bersama sangat tepat dan punya filosofi yang dalam. Walaupun dia tidak menyebutkan secara spesifik, tapi saya yakin dia punya mimpi dan keinginan yang sama dengan kita semua. Ingin Indonesia menjadi negara maju dan mensejahterakan rakyatnya.

Mari kita lari (Berjuang) bersama demi Indonesia emas 2045.

VIDEO PILIHAN