Mohon tunggu...
Adityas FebriLazuardi
Adityas FebriLazuardi Mohon Tunggu... Mahasiswa - pemula

jika kamu ingin sukses. kamu harus kerja keras.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pro dan Kontra Kuliah Online Menurut Mahasiswa Ilmu Komunikasi

26 Juni 2021   21:53 Diperbarui: 26 Juni 2021   22:04 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kuliah Online Krena Covid/dokpri

pertama kali covid 19 datang ke indonesia pada tanggal 2 maret 2020 pemerintah menghimbau ke pada masyarakat untuk berhati hati dan melakukan sosial distancing, kebijakan yang dikenal dengan gerakan #dirumah saja yang dimana semua terkena dampaknya termasuk kampus juga kena dampaknya, kampus menyuruh kepada mahasiswanya untuk kuliah dirumah 

Kampus di jakarta telah menerapkan kuliah online sejak april sebab disaat itu covid sudah terlalu banyak di indonesia dan menyebabkan pemerintah untuk menyarankan semua bidang studi untuk tidak melakukan pembelajaran tatap muka 

Mahasiswa Moestopo Rama agung mengatakan melakukan kuliah daring sangat bermanfaat ya, sebab melakukan kuliah daring menjadi flaxibel dalam melakukan hal apapun, tidak tertekan dengan waktu yang mepet dalam melaksanakan tugas atau dalam absen.

" kuliah online membuat diri saya pribadi teringan kan, sebab saya memiliki aktifitas bukan hanya kuliah saja, saya juga harus bekerja untuk membayar kuliah saya, dan juga dalam kuliah online menyebabkan pemikiran saya frash dalam melakukan apapun " Ujar Rama Agung

salah satu mahasiswa moestopo ini memiliki sifat yang pro terhadap kuliah daring ini, sebab banyak manfaat yang didapat dalam kuliah daring ini. 

Mahasiswa Moestopo Rakha Nurdiansyah mengatakan bahwa dia sangat kontra sekali dengan kuliah online dimana kuliah online hanya menyusahkan saja untuk mahasiswanya dan dia beranggapan bahwa pembelajaran dari dosen sangat tidak optimal

" pembelajaran online menurut saya sangat tidak efektif sebab saya sebagai mahasiswa akhir merasa susah menghubungi dosen kalo via whatsapp dan pembelajaran susah saya pahami, apalagi kuliah online kita dipaksa untuk memiliki kuota sangat banyak, dmn zoom setiap hari membuat kuota cepat habis. Lebih nyaman kuliah tatap muka karena jika ada materi yang kurang jelas, saya dapat bertanya secara langsung " Ujar Rakha Nurdiansyah 

rakha nurdiansyah kontra terhadap kuliah online, dia berharap masalah pandemi ini cepat kelar agar kuliah online disudahi menjadi kuliah offline.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun