Mohon tunggu...
Aditya Rizkyta
Aditya Rizkyta Mohon Tunggu... aditya rizkyta haryandi

mahasiswa trisakti 201980052

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Penyalahgunaan Teknologi Informasi

20 Juni 2021   17:10 Diperbarui: 20 Juni 2021   17:17 34 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penyalahgunaan Teknologi Informasi
https://berita.news/

peran teknologi sistem informasi saat ini sangat penting dalam mendukung proses berjalannya bisnis. apalagi di masa sekarang ini semua masyarakat tidak lepas dari yang namanya sistem informasi seperti internet dan lain sebagainya. karena dengan sistem informasi ini masyarakat menjadi tahu berita dan sesuatu yang ada saat ini ataupun sesuatu yang sedang mereka cari melalui sistem informasi. begitu juga penerapan sistem informasi ke proses bisnis , dimana perusahaan mencari info sesuatu yang mereka inginkan supaya tercapainya tujuan perusahaan. dengan teknologi sistem informasi ini perusahaan sangat diuntungkan mulai dari efisiensi biayanya, kemudahan dalam mencari informasi, serta mencapai tujuan perusahaan dan masih banyak lagi.

namun meskipun teknologi informasi ini mendatangkan banyak keuntungan bagi sebagaian masyarakat ataupun organisasi, namun ada juga beberapa oknum yang menyalahgunakan teknologi informasi ini untuk kepentingan pribadi. misalnya seperti kasus berita hoax yang sering kali dijadiin penyalahgunaan informasi untuk menitpu semua masyarakat yang membacanya, padahal dari berita hoax itu bisa menimbulkan perkara yang sangat tidak menguntungkan  bagi yang diberitakan "difitnah", karena dengan berita hoax masyarakat yang tidak mengetahui faktanya bisa saja termakan fitnah seperti membenci orang yang diberitakan padahal apa yang diberitakan itu tidak sesuai faktanya, dan jelas itu sangat merugikan pihak yang diberitakan tersebut.

lalu juga sering dijadikan ajang penipuan, biasanya kasus seperti ini sering muncul karena si penipu sudah mengetahui informasi tentang orang yang akan jadi sasarannya mulai dari no hp, lalu keberadaan sasarannya, misalnya seperti ini penipu mencoba menghubungi pihak keluarga yang di jadikan sasaran lalu si penipu menyamar menjadi dokter rumah sakit untuk mengabari keluarga korban misalnya anaknya yang dijadikan kasus kecelakan dan si penipu mencoba menghubungi keluarga korban untuk minta kelanjutan pihak rumah sakit untuk melakukan operasi dan setelah itu memintah transfer biaya operasi sebesar sekian-sekian. padahal posisi anak itu sedang berada di sekolah dan tidak terjadi kecelakan apa-apa padanya. dan itu jelas saat keluarga korban penipuan mendengar anaknya kecelakaan sudah pasti langsung percaya karena anaknya tidak ada di rumah dan langsung mengikuti arahan si penipu untuk mentransfer uang. itulah mengapa taknologi informasi bisa disalahgunakan sebagai ajang penipuan karena si penipu bisa menghubungi pihak keluarga dan berhasil membuat keluarganya panik karena penipu tau anaknya tidak ada bersama keluarganya.

cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu jangan langsung percaya terhadap berita hoax dan juga apabila ada call center dari no yang dikenal yang di iming-imingi harus transfer uang sekian-sekian jangan langsung lakukan, cek dulu kebenarannya supaya tidak terjebak oleh si penipu bisa dengan cara pertama menghubungi pihak yang dilaporkan apakah benar atau tidak, lalu apabila memang sudah diketahui kebenarannya dan ternyata itu adalah penipuan bisa langsung menghubungi polisi untuk menangkap oknum yang menyalahgunakan teknologi informasi tersebut. begitu juga dengan berita hoax jangan langsung percaya dengan berita tersebut karena bisa mendatangkan fitnah dan kebencian terhadap orang yang diberitakan atau yang lain sebagainya, cek dulu kebenarannya terlebih dahulu.

aditya rh, 20 juni 2021

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x