Mohon tunggu...
Aditya Raja Fadlurahman Kusuma
Aditya Raja Fadlurahman Kusuma Mohon Tunggu... Murid SMAN 28 Jakarta

Murid SMAN 28 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Cara-cara untuk Memakai Google Search Secara Efektif

3 Agustus 2020   10:40 Diperbarui: 3 Agustus 2020   10:38 168 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara-cara untuk Memakai Google Search Secara Efektif
tangkapan layar laman utama google

Google Web Search, atau sering disebut Google Search, adalah suatu search engine yang dikembangkan oleh Google. Google Web Search adalah search engine yang paling sering dipakai oleh orang-orang, dengan melakukan lebih dari 5,4 milyar pencarian per hari. Google Web Search ini dipakai oleh banyak orang, dari pelajar-pelajar sampai karyawan-karyawan. 

Sebenarnya, cara memakai Google Search ini tidak hanya mengetik dan mengklik cari. Ada cara-cara lebih efektif untuk memakai Google Search ini, dan tidak semua orang tahu ini. Marilah kita lihat cara-cara untuk memakai Google Web Search seefektif mungkin.

1. Pakailah Tabs yang disediakan

tangkapan layar pribadi
tangkapan layar pribadi
Google menyediakan banyak tabs yang dapat kita gunakan untuk memudahi kita dalam mencari sesuatu. Tabs yang disediakan oleh Google terdiri dari: images, untuk mencari image; videos, untuk mencari video; news, untuk mencari berita; shopping, untuk mencari barang-barang yang dijual; dan lain-lain.

2. Pakai Tanda Petik ("...") untuk Mencari Hal yang Spesifik

Dengan memakai tanda petik, kalian dapat mencari sesuatu yang lebih spesifik. Perbedaanya dengan pencarian biasa adalah, jika kalian mencari baju merah bermotif tanpa tanda petik, Google akan mencari tiga kata itu dengan urutan apa saja. Tetapi jika kalian mencarinya memakai tanda petik "baju merah bermotif", Google akan mencari tiga kata itu dengan urutan kata yang kalian tulis.

3. Pakai Tanda Hubung/Strip (-) untuk Mengecualikan sesuatu

Dengan memakai tanda hubung, kalian dapat mengecualikan sesuatu pada pencarian. Misalnya kalian ingin mencari tentang binatang kijang, jika kalian mencari hanya dengan kijang, kalian bisa saja dapat tentang mobil kijang. Tetapi jika kalian mencarinya  kijang -mobil, Google akan mengekecualikan mobil kijang dan pencarian tentang binatang kijang akan lebih mudah.

4. Pakai Tanda Titik Dua (:) untuk Beberapa Manfaat

Dengan memakai tanda titik dua, kalian dapat mencari sesuatu pada suatu website spesifik. Jika kalian ingin mencari pada suatu website misal kompasiana, kalian bisa menulis site:kompasiana.com .... dan Google akan hanya mencari pada website kompasiana.

Selain mencari pada website spesifik, kalian juga bisa mencari untuk suatu file spesifik. Misalnya dengan mencari memakai filetype:pdf, Google akan mencari file yang berbentuk pdf saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN