Mohon tunggu...
Aditya Dwi Cahyo Ramadhan
Aditya Dwi Cahyo Ramadhan Mohon Tunggu... aditya dwi cahyo ramadhan

semoga sukses

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Ancaman Data Pribadi di Balik Semua Kecanggihan Teknologi "Dunia Maya"

20 Juni 2021   17:49 Diperbarui: 20 Juni 2021   17:57 51 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ancaman Data Pribadi di Balik Semua Kecanggihan Teknologi "Dunia Maya"
https://onlinedegrees.und.edu

Karena "Dunia Maya" telah menjadi pusat infrastruktur informasi dan komunikasi global, keamanan dunia maya kini menjadi prioritas yang lebih mendesak bagi perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia. Keamanan selalu menjadi pusat perlindungan kerahasiaan, integritas dan ketersediaan data pribadi. Privasi dan menjaga keamanan saat berjelajah online harus lebih terjaga lebih dari apapun.

Teknologi yang ada di mana-mana, saling berhubungan, dan memungkinkan akses mudah ke Internet telah menjadi sangat terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya, kita meningkatkan ketergantungan pada dunia maya untuk interaksi sosial, ekonomi, dan politik. Web menyediakan platform untuk berbagai sektor dan layanan infrastruktur penting, seperti perawatan kesehatan, makanan dan air, keuangan, teknologi informasi dan komunikasi, keselamatan publik, energi dan utilitas, manufaktur, transportasi, dan pemerintahan.

Dengan meningkatnya penggunaan aplikasi online dan seluler, kemajuan analitik , kebutuhan akan keamanan data menjadi lebih penting dari sebelumnya, mengingat risiko kerentanan sistem dan serangan siber baru yang terekspos, serta peluang besar untuk kombinasi data dan pelacakan pengguna akhir.

Namun, keamanan bukan hanya tentang penerapan satu atau lebih tindakan dan tidak ada tindakan keamanan saja yang dapat memberikan tingkat perlindungan yang memadai untuk data pribadi. Sebaliknya, keamanan untuk data pribadi perlu mengikuti kerangka kontrol yang menyeluruh dan terus dipantau, baik teknis maupun organisasional, sesuai dengan sifat pemrosesan data dan risiko terkait.

lingkungan online telah menjadi sasaran ancaman yang canggih dan terarah; ketergantungan kita yang terus meningkat pada dunia maya menciptakan kerentanan baru dan signifikan. faktanya Risiko ini diperbesar oleh sejumlah faktor: data elektronik yang lebih berharga disimpan dan diproses dalam skala besar; perangkat komputasi yang kuat dan portabel seperti smartphone, tablet, dan laptop semakin terintegrasi ke dalam setiap aspek kehidupan kita; informasi dibagikan, digabungkan, dan dihubungkan dengan informasi lain dengan frekuensi yang lebih besar; dan hubungan pihak ketiga (misalnya: outsourcing ke penyedia cloud) adalah norma. Kecuali semua komponen sama-sama aman, seluruh sistem rentan karena penjahat cyber sering kali terampil mengeksploitasi kelemahan di dunia maya.

https://www.analyticsinsight.net
https://www.analyticsinsight.net
Ancaman Privasi Data yang Jarang Disadari:
- Tereksposnya data: Orang-orang secara tidak sadar akan dibebankan oleh ketidakamanan privasi
-Tersingkirnya kepentingan pengguna: Berbagai perusahaan besar akan berlomba-lomba menimbun data dan berkompetisi secara diam-diam demi keuntungan pribadi
-Tereksploitasinya pengguna: Perusahaan-perusahaan tersebut tidak mengawasi bagaimana data konsumen digunakan
sumber : https://travelmaker.id

untuk meminimalisasi kejadian yang tidak diharapkan, pengguna perlu menjaga data pribadinya agar dapat melindungi dirinya dari kejahatan digital,
ada sejumlah cara untuk menjaga keamanan data dari kejahatan dunia maya.
1. Pastikan pengguna memberikan data kepada pihak yang tepat
2. Lakukan cek beberapa kali untuk memastikan aman atau tidaknya data kita di setiap transaksi
3. Periksa perizinan akses aplikasi
4. Baca syarat dan ketentuan aplikasi
Sumber : Kompas.com

Intinya dalam berjelajah di dunia maya kita harus senantiasa waspada dan selalu berhati hati dalam melakukan apapun itu didalam dunia maya. karena kita tidak tahu bahaya apa yang kita akan hadapi nanti dan dunia maya itu sangat luas dan sangat mengerikan, terimakasih.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x