Mohon tunggu...
Aditya Agung
Aditya Agung Mohon Tunggu... Mahasiswa Gabut yang sedang belajar menulis

Mahasiswa UIN SUNAN KALIJAGA - Ilmu Komunikasi - 20107030093

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Full Time atau Part Time?

12 April 2021   01:28 Diperbarui: 12 April 2021   01:35 155 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Full Time atau Part Time?
sumber :educationone-indo.com

Bagi kalian para pencari kerja atau seorang mahasiswa yang ingin mencari kerja, atau bahkan kalian adalah fresh graduate yang saat ingin mencari kerja namun bingung tentang jenis pekerjaan kalian, lebih tepat bingung akan istilah full time dan part time, apa peredaannya? Apa manfaatnya?

Memang di era sekarang bukan hanya teknologi saja yang berkemabng namun dunia pekerjaan pun menjadi kut berkembang pesat. Dari jenis pekerjaan tetap, magang, hingga freelancer. Bahkan untuk pembagian waktu kerja pun juga berbeda, ada 2 jenis pekerjaan bila diuraikan dilihat dalam waktu kerjanya, yaitu full time dan part time.

Gaji yang diterima setiap jenis pekerjaan pun berbeda, ada yang digaji per jam, per hari, per minggu, bahkan per bulan. Sangat beragam bukan? Namun kita hanya akan membahas jenis pekerjaan berdasarkan waktu kerjanya.  Untuk mengetahui itu semua mari kita simak satu -- satu ya!

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN PEKERJAAN  FULL TIME DAN PART TIME

Seseorang yang bekerja secara full time itu biasanya bekerja selama 40 jam setiap minggunya atau bekerja selama 8 jam kerja untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu, sedangkan jika 6 hari kerja dalam 1 minggu maka akan berkerja selama 7 jam.

Sedangkan untuk pekerjaan part time mempunyai jangka waktu kerja yang lebih sedikit dibandingkan pekerjaan full time. Namun untuk lamanya waktu bekerja tidak ada standar yang ditetapkapkan oleh pemerintah. Biasanya antara perusahaan dan si pekerja part time mempunyai kesepakatan sendiri mengenai waktu kerja yang akan diambil.

Pekerja part time biasanya bekerja dalam sehari 4 sampai 5 jam setiap harinya, ini memrupakan jumlah setengah dari waktu pekerja full time yang biasanya bekerja 7 hingga 8. Namun ini semua tergantung pada peraturan perusahaan nya.

Antara full time dan part time selain berbeda dalam segi waktu, pekerjaan full time dan part time juga berbeda dalam segi gaji, benefit, tunjangan, jenjang karier, dan masih banyak lagi lainnya semua tergantung pada kebijakaan perusahaan.

Bekerja secara part time dan full time juga memberikan beberapa manfaat untuk kamu loh!

MANFAAT BEKERJA PART TIME

Beberapa orang memilih untuk bekerja part time dikarenakan beberapa alasan, mulai dari waktu, sekolah, kuliah atau memiliki pekerjaan utama namun ingin menambah penghasilan atau mungkin saja kamu seorang mahasiswa yang ingin menambah uang saku memutuskan ingin bekerja dengan cara memilih pekerjaan part time agar dapat membagi waktu anatar perkuliahan dengan dunia kerja. Pekerjaan part time sangat cocok bagi kamu yang ingin berpenghasilan namun jugaingin memiliki waktu luang. Beberapa manfaat bekerja part time!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN