Mohon tunggu...
Aditya MaulanaHidayat
Aditya MaulanaHidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Racing Enthusiast

Penggemar Balapan dan Mahasiswa Semester Akhir

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Red Bull, Ferrari, atau Mercedes? Paruh Kedua Formula 1 2022 Mulai!

23 Agustus 2022   12:58 Diperbarui: 24 Agustus 2022   22:11 131 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Red Bull Racing Honda (Dok. HPM via KOMPAS.com)

Back to racing once again! Setelah 4 minggu tanpa David Crofty dan Martin Brundle (dan juga Ted Kravitz), rombongan sirkus Formula 1 kembali balapan di Spa-Francorchamps di Belgia. Verstappen dan Red Bull dengan keunggulan 80 poin atas Leclerc dan Ferrari akan berupaya menjaga keunggulan mereka di tanah kelahiran sang juara bertahan. 

Walaupun hingga GP Hungaria pertarungan sengit di papan atas hanya didominasi oleh Red Bull dan Ferrari, Mercedes diprediksi akan meramaikan persaingan papan atas di paruh kedua dengan perubahan regulasi tengah musim yang mulai berlaku di GP Belgia yang banyak diduga merugikan kedua tim papan atas, atau bahkan akan mengejutkan dengan mendominasi jalannya paruh kedua seperti yang biasa mereka lakukan sejak F1 memasuki era Hibrida di tahun 2014. 

Nah, dengan persaingan ketat di papan atas yang diprediksi akan semakin menarik (atau bahkan menjadi membosankan dengan perubahan peraturan), bagaimana nasib tim dan pembalap di papan tengah dan bawah? Apalagi setelah silly season di pasar pembalap (driver market) yang menuntut pembalap-pembalap yang nasibnya belum jelas (yang jelas bukan Lance Stroll) untuk menunjukan potensi terbaik mereka di sisa musim 2022 ini.

Verstappen, Sainz, dan Russell. Sumber: The Sportrush
Verstappen, Sainz, dan Russell. Sumber: The Sportrush

Big Three 

Kondisi di papan atas antara Red Bull Racing, Ferrari, dan Mercedes hanya akan semakin menarik di paruh kedua dengan perubahan regulasi yang diprediksi menguntungkan Mercedes. 

Perubahan regulasi di paruh musim sendiri berkaitan dengan adanya loophole di area floor mobil yang menjadi hal krusial di regulasi baru 2022.

Bos tim Mercedes, Toto Wolff, mengatakan bahwa Ferrari dan Red Bull (dan tim-tim lain yang ia tidak sebutkan) memiliki fleksibilitas di area floor yang membantu aliran aerodinamis mobil, yang mereka anggap tidak sesuai dengan "semangat regulasi" 2022. 

Mobil Mercedes W13 yang dibangun tanpa ekploitasi loophole tersebut akan diuntungkan karena sudah memiliki pengalaman dan melewati tahap sulit di awal musim.

Sementara Red Bull dan Ferrari akan mengalami kesulitan beradaptasi jika mereka mengganti desain floor mereka karena. Karena perubahan kecil di area floor bisa saja mempengaruhi karakteristik mobil RB18 dan F1-75.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan