Mohon tunggu...
Aditia Kurniawan
Aditia Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - All round music listener

Everyday is Monday

Selanjutnya

Tutup

Raket

Hendra Setiawan Terhebat Sepanjang Sejarah?

21 Januari 2022   04:25 Diperbarui: 21 Januari 2022   04:29 519 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hendra Setiawan. Foto: ANTARA/Hafidz M

Siapa yang tidak kenal dengan Hendra Setiawan, pria berusia 37 tahun ini adalah atlet bulutangkis Indonesia yang memiliki prestasi yang mentereng di kancah bulutangkis dunia. 

Di usianya yang kini menginjak 37 tahun dia dan partner satu lapangannya Mohammad Ahsan, baru saja meraih medali perak pada laga India Open 2022, dengan raihan ini Hendra Setiawan memiliki rekor tampil di final selama 20 tahun berturut. Di usia nya yang tidak lagi muda, dirinya dapat membuktikan kualitas yang dimiliki oleh seorang Hendra Setiawan.

Lahir pada tanggal 25 Agustus 1984, Ia memulai karirnya dengan Markis Kido pada sektor ganda putra dan mencapai peringkat 1 pada Badminton World Federation (BWF) pada tahun 2007, pada tahun ini juga pasangan Setiawan dan Kido memenangkan Kejuaraan Dunia Bulutangkis setelah mengalahkan pasangan dari Negeri Ginseng, Jung Jae-Sung dan Lee Yong-Dae . 

Tahun berikutnya, pasangan ini memenangkan medali emas untuk Indonesia di Olimpiade Beijing setelah mengalahkan pasangan ganda putra nomor 1 dari Negeri Tiongkok, Cai Yun dan Fu Haifeng.

Pada akhir tahun 2012, Hendra Setiawan dipasangkan dengan Mohammad Ahsan. Pada era ini pencapaian yang paling mentereng adalah sebagai juara Kejuaraan Dunia Bulutangkis sebanyak 3 kali pada tahun, 2013, 2015 dan 2019.

Apa yang dimiliki oleh seorang Hendra Setiawan sehingga sangat mematikan jika bermain di depan net? Setelah melihat permainan yang dimainkan olehnya, Hendra Setiawan sangat lihai dalam membaca permainan, hanya sesekali dirinya mengejar kok hingga diving, bisa dikatakan jika dirinya sudah tahu kemana kok akan dipukul oleh lawan. Hendra Setiawan juga sering kali terlihat merubah tempo permainan, hingga lawannya mati langkah ketika ingin mengembalikan kok dari pukulannya. 

Permainan net yang sangat presisi juga seringkali membuat lawan frustasi ketika berhadapan dengannya di depan net, seorang atlet bulutangkis dari Korea, Lee Yong-Dae bahkan berasumsi jika Hendra Setiawan memiliki net di rumahnya. Dengan kemampuan yang dimiliki oleh Hendra Setiawan ditambah dengan karakter yang kalem dan respectful, siapa yang tidak segan melawannya?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan