Mohon tunggu...
Adi Supriadi
Adi Supriadi Mohon Tunggu... Hidup Di Dunia Hanya Sekali, Maka Hidup Harus Bermanfaat

Sebagaimana Perintah ALLAH SWT Sebaik-baik Manusia adalah Mengajak Kepada Kebaikan dan Mencegah Kemungkaran dan itulah Makna Bermanfaat yang sesungguhnya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dr. Linda Komaroff : Seni Islam Berestetika Tinggi

29 Juni 2011   10:44 Diperbarui: 26 Juni 2015   04:04 413 7 4 Mohon Tunggu...

[caption id="attachment_116938" align="aligncenter" width="614" caption="Pesan Perdamaian Itu Dari Al-Qur"][/caption]

Los Angeles – Seniman Amerika menelusuri etnis mereka dari Pakistan, India, Afghanistan, Iran, Irak, Suriah, Cina, Eropa, Afrika dan Amerika Serikat berpartisipasi dalam pameran seni yang diselenggarakan oleh Lembaga Seni Islam di Amerika.

"Kami memiliki begitu banyak keanekaragaman dalam komunitas muslim Bay Area. Dalam rangka untuk menampilkan bakat seni mereka dan menampilkan banyak karakteristik Seni Islam, kami mengundang mereka untuk berpartisipasi dalam Pameran Seni berdasarkan tema Perdamaian," kata Sajjad Nabeela , pendirinya kepada media sebagaimana diberitakan harian oonline TRI CITY VOICE NEWS Kemaren.

Mencari sejumlah ayat dari Al-Qur'an untuk menginspirasi dan seperangkat aturan, 41 seniman dikirim 75 karya seni. Seratus anak-anak Muslim dari berbagai kota ikut berpartisipasi. Tema mereka didasarkan pada sebuah lagu yang berjudul "A Is For Allah " yang dipopulerkan Yusuf Islam (Cat Stevens).

Orang melihat Islam sebagian besar hanya Seni Kaligrafi. Sementara Kaligrafi adalah genre seni dalam dirinya sendiri, Seni Islam mencakup lebih banyak dan lebih luas lagi. Hal ini telah berkembang dan menerima media baru melalui mana seniman dapat mengekspresikan diri mereka. Dengan larangan menggambarkan bentuk manusia atau wajah, Seni Islam telah mengembangkan karakter yang unik, memanfaatkan beberapa bentuk utama: geometris, arabesque, bunga, dan kaligrafi. Hasilnya adalah pameran lukisan dalam minyak, akrilik dan cat air, foto, kaligrafi tradisional, quilting, tekstil, kolase digital dan banyak lagi.

Dr Linda Komaroff, Kurator Asosiasi Seni Islam untuk Los Angeles County Museum of Art mengatakan, "Seni Islam merupakan manifestasi paling mudah diakses dari sebuah peradaban yang kompleks yang sering tampak misterius bagi orang luar. Melalui penggunaan brilian warna dan keseimbangan yang luar biasa antara desain dan bentuk, seni Islam menciptakan dampak visual langsung dan memiliki daya tarik yang kuat, berestetika tinggi melampaui jarak dalam ruang dan waktu, serta perbedaan bahasa, budaya dan keyakinan.. "

Pameran Seni Islam dengan tema Legacy Qur’an : Pesan Perdamaian” memajang karya seni Islam di area pameran lantai 4 Dr Martin Luther King Jr Perpustakaan di pusat kota San Jose.

Jika Anda ingin mengunjungi Pameran terseubut dapat mengunjunginya di : Pameran Legacy Qur’an : Pesan Perdamaian selama bulan Juli 2011 mendatang. 2400 Fremont Utama PerpustakaanStevenson Blvd, Fremont. Telp(510) 745-1400

Diterjemahkan dan sarikan dari Harian Online TRI CITY VOICE NEWS.

Bandung, 29 Juni 2011

Ahmad Muhammad Haddad Assyarkhan (Adi Supriadi)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x