Mohon tunggu...
Muhammad Sidiq Pamungkas
Muhammad Sidiq Pamungkas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Adiq

Seorang Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro yang tertarik kepada Isu Hak Asasi Manusia, Isu Sosial Kemasyarakatan, Isu Lingkungan, dan Isu Kesehatan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Musim Gonta-ganti Kesehatan Ternak Harus Diwanti-wanti

7 Desember 2022   13:00 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:02 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosialisasi Bahaya Musim Pancaroba terhadap Kesehatan Hewan Ternak. (Dokumentasi pribadi)

Sosialisasi Bahaya Musim Pancaroba terhadap Kesehatan Hewan Ternak

Indonesia merupakan salah negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa, sehingga beriklim tropis. Namun belakangan ini, musim semakin tidak menentu yang diakibatkan oleh adanya global warming, sehingga mengakibatkan musim pancaroba. Dalam program mono ini diharapkan dapat memaparkan mengenai berbagai faktor terkait pancaroba dan apa kaitannya terhadap kesehatan hewan ternak, dan diharapkan dapat menjaga kesehatan dari hewan ternak tersebut dari fenomena musim pancaroba ini.

Desa Sapta Marga yang terletak di RT 7 RW 1 Kelurahan Jangli, Kecamatan Tembalang, Semarang merupakan salah satu desa yang menjadikan ternak sebagai mata pencaharian utama, dimana di desa ini terdapat beberapa kepala keluarga yang memiliki mata pencaharian sebagai peternak terutama ternak kambing. Pada tanggal 5 November 2022, diadakan sosialisasi yang dilakukan dengan sistem door to door guna meningkatkan kesadaran para peternak dalam menjaga kesehatan dan kualitas ternak.

Sosialisasi Bahaya Musim Pancaroba terhadap Kesehatan Hewan Ternak. (Dokumentasi pribadi)
Sosialisasi Bahaya Musim Pancaroba terhadap Kesehatan Hewan Ternak. (Dokumentasi pribadi)

Kegiatan sosialisasi ini berisikan tentang berbagai fenomena iklim terutama pada musim pancaroba ini dimana pemilihan kendang dari ternak sangat penting guna tetap menjaga kesehatan ternak dimana penyakit seperti flu, diare, hingga penyakit kulit scabies. Para peternak di Desa Sapta Marga didedukasi tentang penggunaan kendang jenis panggung demi menjaga tingkat kelembapan kandang,

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun