Mohon tunggu...
Adi Prabowo
Adi Prabowo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang

Tujuan membaca dan menulis bukan untuk membuat kita pintar, melainkan membuat cara berpikir kita menjadi lebih sistematis.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Berantas Stunting, TIM II KKN UNDIP Adakan Meeting Penting!

11 Agustus 2022   09:39 Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:46 57 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Stunting merupakan sebuah kondisi gagal pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak akibat kurangnya asupan gizi dalam waktu lama, infeksi berulang, buruknya pola asuh, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai khususnya pada 1.000 Hari pertama kehidupan. 

Permasalahan stunting tersebut bahkan masih menjadi permasalahan di Kota Semarang, tidak terkecuali di Kelurahan Karangrejo. Berangkat dari permasalahan yang masih pelik dan belum terpercahkan, tim KKN Karangrejo mencoba untuk menginisiasi sebuah program kerja multidisipliner dengan tema stunting yang berjudul "Buku Menu Sehat Anti Stunting".

Program kerja ini dilaksanakan hari Sabtu 30 Juli 2022 dari pukul 15.30 hingga 17.00 di Pendopo RW 4 Kelurahan Karangrejo. Peserta kegiatan ini adalah seluruh ibu ibu RW 4 beserta anaknya/balita. 

Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan sangat partisipatif. Tidak hanya itu, tim KKN Karangrejo disambut hangat oleh seluruh peserta sejak awal perizinan hingga pelaksanaan.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan diisi dengan pemberian edukasi mengenai pemenuhan gizi pada setiap olahan masakan. Setelah memberi edukasi mengenai gizi yang harus dipenuhi, tim KKN Karangrejo juga memberikan Buku Menu Anti Stunting yang didalamnya berisi gizi yang harus dipenuhi dan cara mengolah masakan.

Berdasarkan hasil dari edukasi, terdapat banyak peserta yang mengolah masakan tanpa memikirkan kandungan gizi. Sehingga harapan dari tim KKN Karangrejo adalah para ibu ibu khususnya di RW 4 dapat lebih memperhatikan kandungan gizi pada setiap masakan yang diolah setiap harinya. 

Dengan memberikan edukasi dari lingkup terkecil yaitu kelurahan, harapannya tim KKN Karangrejo dapat sedikit demi sedikit membantu mengatasi permasalahan pada lingkup yang lebih luas, Kota Semarang misalnya. Terakhir, semoga kontribusi dari tim KKN Karangrejo dapat membantu mengatasi segala permasalahan stunting di Kelurahan Karangrejo.

Penulis: Irfandhika Adiyatma (Ilmu Komunikasi/FISIP), Adi Prabowo (Ilmu Pemerintahan/FISIP), Irma Aulia Tamara Fransisca (Ilmu Pemerintahan/FISIP), Khalylah Salwa Nafisah (Hubungan Internasional/FISIP), Khofifah Widowati Nur Uzma (Hukum/FH)

Dosen Pembimbing Lapangan: Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.T.

Lokasi KKN: Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang

KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021/2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan