Mohon tunggu...
Adinda Reihannisa
Adinda Reihannisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Malang, 24 Maret 2000

Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Survey Lokasi Sekolah Alam Ilalang Sidomulyo, Kota Batu untuk Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa

20 September 2021   13:40 Diperbarui: 20 September 2021   14:05 119 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sekolah alam ilalang didirikan oleh keluarga bu Azizah di JL.Gelora Bunga, Sidomulyo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Sekolah alam ilalang adalah sekolah dengan tujuan menciptakan dan membentuk karakter anak-anak sejak dini. Sekolah alam memiliki sebuah konsep pendidikan berdasarkan keprihatinan dimana di Indonesia banyak kasus semakin tidak terjangkau oleh masyarakat. Sekolah yang didirikan bu Azizah ini memiliki tujuan yang sangat mulia dimana sekolah alam ilalang ini ingin membangun sekolah yang berkualitas tinggi tetapi dengan harga terjangkau. Maka dari itu kami tertarik dengan sekolah alam untuk kami kunjungi, observasi dan melakukan pengabdian.

Kami ingin membantu melancarkan kegiatan di sekolah alam ilalang tersebut. Sekolah alam memiliki banyak kegiatan dan pembelajaran formal maupun non formal. Misalkan saja pembelajaran non formal untuk melatih kreativitas yaitu dengan pembuatan pot dan menghias pot. Hal ini mengajarkan bahwa membuat dan menghias pot perlu kreativitas yang tinggi dan kesabaran untuk proses pembuatannya.

Survey lokasi sekolah alam ilalang kami dilakukan bertepatan hari kelima PMM kami yaitu pada hari Jumat, 10 September 2021. Survey lokasi dilakukan dengan cara mewawancarai langsung pemilik sekolah alam ilalang Sidomulyo. Sekolah alam di tujukan sebagai alternatif pendidikan usia dini bagi masyarakat kurang mampu. dalam sekolah alam gurunadalah sebagai fasilitator. siswa diberikan untuk belajar tentang segala hal yg mereka ingin ketahui. Nilai teori di dalam sekolah alam tidak diutamakan tetapi pengimplementasian ilmu lah yg didapatkan dari sekolah alam ini. 

Kebutuhan anak di dalam sekolah alam ilalang ini sangat dibutuhkan dari segi kebutuhan mental dan batin yaitu misalkan anak diberikan rasa nyaman dengan lingkungan, bebas bergerak sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya sehingga dapat memberikan kenyamanan gerak bagi anak untuk melakukan kegiatan, menciptakan suasana ruang belajar yang akrab dan hangat, dan merangsang perkembangan fisik dan motorik.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan