Mohon tunggu...
adinda putriazzahra
adinda putriazzahra Mohon Tunggu... mahasiswa

Psikologi UA'18

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

3 Kiat Ampuh Usir Stres

13 Juni 2019   13:15 Diperbarui: 13 Juni 2019   13:27 0 0 0 Mohon Tunggu...
3 Kiat Ampuh Usir Stres
libraryworks.com

semua hal yang terjadi dalam hidup ini baik hal baik maupun hal buruk pasti memiliki dampak tersendiri bagi kita, ada yang berdampak baik seperti membuat kita semakin semangat untuk menjalani hidup. Namun ada pula yang berdampak buruk untuk diri kita yang dapat mengakibatkan stress ataupun perasaan tertekan dalam menjalani kehidupan ini. Tapi yang harus kita ingat, didalam hidup ini tidak mungkin segala sesuatunya berjalan dengan lancar seperti yang kita dambakan loh! kalau kita lagi berada dalam fase "tidak baik-baik saja" jangan sampai kita merasa bahwa itu adalah akhir dari segalanya. Terdapat banyak cara yang dapat menghilangkan stress loh, ini dia nih 3 kiat ampuh yang bisa usir stress dalam waktu singkat :

1. TERTAWA

freepik.com
freepik.com
HAYOO SIAPA YANG UDAH JARANG KETAWA?? tertawa itu penting loh dalam hidup kita, selain menunjukkan bahwa kamu menikmati suatu momen dan bahagia tapi tertawa juga dapat mengubah sistem dalam tubuh yang dapat mengurangi stress dalam jangka panjang. yuk mulai biasakan buat tertawa lagi meskipun lagi dalam mood yang kurang baik! banyak banget loh cara yang bisa kita lakuin buat ketawa, bisa dari menonton film-film komedi, lihat postingan lucu di media sosialmu, atau bahkan cukup mengobrol sama teman-temanmu pasti bisa bikin kamu ketawa. Percaya deh abis ketawa pasti mood mu bakal naik dan menghilangkan sedikit beban yang ada.

2. HOLIDAY

steemit.com
steemit.com
Naaaah liburan juga penting lohh! kalau kamu lagi stress karena kerjaan kantor yang numpuk, deadline yang semakin dekat tapi tugas belum selesai, atau bahkan stress karena lagi berantem sama pasangan coba deh luangin waktu dua atau tiga hari buat pergi liburan. gaperlu liburann ke tempat yang jauh-jauh kok kalau emang kamu gapunya cukup waktu buat pergi liburan jauh, cukup keluar dari kesibukan yang kamu jalanin aja. Misalnya kamu bisa menginap di hotel dan lakuin me time yang bikin kamu lupa sama bebanmu, entah itu tidur seharian, olahraga di gym yang ada dihotel, spa atau pijat, atau bahkan puas-puasin makan di restoran hotel.

3.  BERMAIN DENGAN HEWAN PELIHARAAN

stocksy.com
stocksy.com
Kalau kamu punya hewan peliharaan seperti kuncing, anjing, ataupun hewan lainnya ini bisa juga loh jadi alternatif buat menghilangkan stressmu! saat kamu pulang dan merasa lelah atau sumpek dengan kegiatanmu, hewan peliharaanmu biasanya sudah menunggu didepan pintu rumah siap untuk menyambutmu, coba deh sekali-kali kamu bermain sama mereka. ajak mereka ngobrol atau bahkan kamu bisa curhat tentang masalahmu sama mereka. SElain itu membelai, memeluk, atau menyentuh hewan penuh kasih dapat dengan cepat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin. Kedua hormon tersebut berguna bagi tubuh untuk menenangkan pikiran dan otot. Dengan cara inilah, kamu akan menjadi lebih rileks dan stres akan menghilang. ohiya kamu tau ga sih? ternyata anjing mampu melihat jauh ke dalam isi hati kita dan mencoba mengukur keadaan emosi yang lagi kita rasakan, anjing juga akan berusaha untuk memahami apa yang kita pikirkan dan rasakan loh.