Mohon tunggu...
adinda kalista vidyadhara
adinda kalista vidyadhara Mohon Tunggu... dibuat hanya untuk memenuhi tugas kuliah jurnalistik

Mahasiswa Uin Sunan Kalijaga. Nama: Adinda Kalista Vidyadhara Nim: 20107030085 Hai, akun ini dibuat dengan tujuan memberikan dan menghasilkan tugas yang berguna,bermutu, dan bermakna untuk semuanya

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pentingnya Mengembangkan Bakat Sejak Dini

25 Maret 2021   23:43 Diperbarui: 26 Maret 2021   03:53 247 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Mengembangkan Bakat Sejak Dini
https://www.solutiva.co.id/wp-content/uploads/2020/01/tes-bakat-minat.jpg

Siapa sih dari kalian yang tidak mempunyai bakat? Yak, pastinya setiap masing-masing orang mempunyai dari anak kecil sampai dewasa. Kita harus mengembangkan bakat sejak kecil agar saat kita menjadi dewasa akan terampil saat mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan bakat yang kita miliki.

Mengembangkan bakat sejak dini itu merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua orang, agar suatu saat nanti kita sudah besar maka kita akan mempunyai kemampuan yang cukup luar biasa dan berguna bagi diri kita sendiri dan orang lain. Tapi saat mengembangkan bakat sejak dini orang tua juga sangat penting untuk mengembangkan bakat karena orang tua berperan penting membekali anak dalam menemukan fokus belajarnya dan menekuni bidang pilihannya. Salah satu contohnya adalah seorang penyanyi cilik bernama Dinda, dia mendapat dukungan penuh dari kedua orang tuanya untuk bersemangat tinggi di bidang tarik suara karena dinilai punya bakat.

Bakat merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh masing-masing orang untuk belajar dalam waktu yang cukup pendek dibandingkan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik. Bakat merupakan sesuatu yang dimiliki oleh masing-masing orang sebagai bawaan sejak lahir misalnya seorang yang berbakat melukis akan lebih cepat mengerjakan pekerjaan lukisnya dibandingkan seseorang yang kurang berbakat.

Setiap masing-masing orang memiliki karakter yang berbeda-beda, termasuk dalam bidang dan bakat yang dimilikinya. Menurut ahli kesehatan mengatakan bahwa bakat adalah kemampuan alamiah untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus dengan bakat kita memungkinkan seseorang untuk mencapai prestasi dalam bidang tertentu tetapi untuk mewujudkan bakat ke dalam suatu prestasi diperlukan latihan, pengetahuan, pengalaman, dan motivasi. Berkaitan dengan hal tersebut menekankan bahwa anak berbakat  memerlukan pelayanan dan program pendidikan khusus dengan sesuatu minat dan kemampuan agar dapat merealisasikan sumbangan mereka terhadap masyarakat dan untuk pengembangan diri sendiri jadi kita harus mengukur seberapa baik seseorang memiliki kemampuan pada bidang pegetahuan atau keterampilan khusus dengan berlatih.

Menggali bakat dalam diri anak memang butuh kesabaran dan teliti. Sebagai salah satu jalan untuk menemukan bakat anak yang tepat, orang tua dapat menerapkan kemampuan apa yang dimiliki oleh setiap masing-masing anak dengan cara ini, orang tua wajib memberikan kesempatan kepada anak untuk bicara mengenai harapan dan keinginannya dengan demikian, komunikasi yang terjalin antara orang tua dan anak membuat orang tua dapat memahami potensi dan bakat dalam diri anak. Perlu kita ketahui bakat tidak sama dengan kecerdasan. Bakat lebih membentuk pada kemampuan maupun keterampilan yang ditampilkan oleh setiap masing-masing orang dengan arti bakat bisa saja terlihat oleh masing-masing orang.

Banyak orang bilang jika bakat adalah sesuatu yang sangat penting bagi seseorang untuk meraih kesuksesan. Bakat itu harus dikembangkan sejak dini atau sejak kecil agar semakin berkembang saat kita besar atau dewasa. Sejauh mana bakat seseorang, terutama seorang anak dapat terwujud, tergantung pada beberapa contoh pribadi misalnya minat, motivasi, nilai, kepribadian, dan kondisi lingkungan seperti pengalaman dan kesempatan pendidikan, anak dalam hal apapun, termasuk dalam pengembangan bakat, pastinya tidak lepas dari peran orang tua mereka.

Manfaat mengembangkan bakat

https://img.okezone.com/content/2017/10/11/33/1793292/foto-tya-ariestya-barbagi-ilmu-cara-ajari-anak-belajar-renang-vcciUVVqlw.jpg
https://img.okezone.com/content/2017/10/11/33/1793292/foto-tya-ariestya-barbagi-ilmu-cara-ajari-anak-belajar-renang-vcciUVVqlw.jpg

Yang pertama ialah untuk mengetahui potensi diri, bakat merupakan kemampuan yang lebih menonjol daripada yang lain, bakat juga merupakan suatu yang dimiliki seseorang karena adanya faktor keturunan dari orang tua kita masing-masing. Sesuatu yang dimiliki anak banyak beragam, bisa ratusan bahkan ribuan poptensi yang dilimiki, namun tentunya hanya ada satu atau dua sesuatii yang cukup berkembang. Tidak mungkin semua sesuatu yang dimiliki dapat dikembangkan semuanya, hanya saja sesuai karakter masing-masing orang yang berkembang. Dengan mengetahui bakat yang dimiliki kita jadi tahu sesuatu yang  bisa kita kembangkan.

https://www.alodokter.com/wp-content/uploads/2020/07/Ini-Macam-Macam-Dokter-Spesialis-yang-Perlu-Anda-Ketahui.jpg
https://www.alodokter.com/wp-content/uploads/2020/07/Ini-Macam-Macam-Dokter-Spesialis-yang-Perlu-Anda-Ketahui.jpg
Yang kedua ialah untuk merencanakan masa depan, meraih masa depan harus dipersiapkan sejak dini, perencaan masa depan atau cita-cita perlu menjasi pertimbangan yang sangat penting. Dengan mengetahui bakat yang kita miliki, kita bisa merencanakan, dan mengembangkannya dengan demikian juga turut merencanakan masa depan.

Yang ketiga ialah untuk menentukan tugas atau kegiatan, sesuatu pekerjaan sangat tergantung dari bekal kemampuan yang dimiliki ketika kita mempunyai kemampuan sesuai dengan bakatnya masing-masing tentunya hasilnya akan lebih jauh lebih bagus atau lebih maksimal dari pekerjaan yang tidak sesuai sengan bakat atausesuatu yang dimilikinnya. Dengan mengetahui bakat yang dimiliki, kita bisa memilih kegiatan apa yang kita lakukan sesuai dengan bakat yang kita miliki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN