Mohon tunggu...
Adila MauldyS
Adila MauldyS Mohon Tunggu... Siliwangi University

Thinking hard.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Dampak Positif Ekspor-Impor terhadap Perekonomian Indonesia

28 Mei 2020   21:49 Diperbarui: 28 Mei 2020   21:49 227 2 0 Mohon Tunggu...

Perdagangan bebas ini  juga memberikan dampak yang baik dan buruk dalam bisnis. Dalam perdagangan bebas ini terdapat adanya persaingan antar para pebisnis tetapi dari manfaat perdagangan bebas ini dapat mendoorong kegiatan dalam perekonomian dan juga kebutuhan dan diinginkan dapat terpenuhi. 

Tetapi dalam hambatan perdagangan bebas ini sangat berpengaruh dengan halnya perbedaan dari mata uang, bahasanya dan juga peraturan-peraturan yang sudah ditentukan. Kebebasan para pelaku usaha.

Ekspor itu merupakan barang yang dijualnya itu keluar negeri, jadi memasukan barang dari dalam negeri ke luar negeri. Ekspor itu termasuk dalam perdagangan internasional atau bebas.  jadi indonesia itu menjual hasil pertanian  itu  ke luar negeri. Dan keuntungan dari ekspor itu dapat memberikan atau memperluas lapangan pekerjaan, menjalin kerja sama dan juga manfaat bagi semua masyarakat.

Impor itu kebalikan dari ekspor jadi menerima barang dari luar negeri yang dimasukan ke dalam negeri karena untuk dijual kembali. Impor juga termasuk bagian penting dalam perdagangan bebas atau internasional. Contohnya indonesia membeli suatu barang, teknologi atau pun makanan ke luar negeri.

Dampak positif dalam impor
Meningkatkan kesejahteraan dan juga kebutuhan masyarakat akan terpenuhi. Iptek dalam kehidupan ini sangat dibutuhkan pada zaman sekarang dengan adanya impor ini teknologi yang dihasilkan nya itu lebih dikembangkan dan juga modern serta mengurangi ketinggalan dalam berita-berita bangsa-bangsa yang sudah maju ini.

Dan juga warga negara indonesia itu lebih menikmati dari hasil barang yang di jual atau diproduksi oleh luar negeri dengan kualitas yang bagus, berbeda serta terjamin. Dan memperluas pasar dalam menambah keuntungan serta mempercepat pertumbuhan ekonomi serta dapat menjalin lebih dekat dengan negara lain.

Contoh, masyarakat indonesia ini lebih menikmati dan terasa terjamin dengan kualitasnya ketika mengimpor suatu barang atau beras dan lain-lain karena dengan harga yang sangat cukup relatif murah dan juga terjangkau.

Dalam kemampuan ini sangatlah berbeda-beda setiap manusia itu, dan warga indonesia tidak bisa menghasilkan sebuah hal misalnya gandum, dalam hal itu indonesia bisa memperoleh produk barang dari luar negeri itu yang belum dihasilkannya di dalam negeri ini.


Dampak positif dari ekspor
Dalam hal positif ini lebih banyak terciptanya lapangan pekerjaan dan juga dapat bersaing dengan perdagangan luar negeri. Dan juga dapat meningkatkan kualitas.
Dalam kegiatan ekpor dan impor ini kadangkalanya tidak hanya memberikan dampak postif tetapi keduanya itu juga sekaligus memberikan dampak yang negative.

VIDEO PILIHAN