Mohon tunggu...
Ardianto Felipus
Ardianto Felipus Mohon Tunggu... Lainnya - Sejauh Doa

Berharga dimata Tuhan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peran dan Tujuan Bersama antara Public Relations, Marketing, dan Advertising

12 September 2020   21:38 Diperbarui: 12 September 2020   21:46 1603
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Public Relations atau biasa lebih dikenal Humas merupakan fungsi strategis yang mengelola dan membangun hubungan dengan publik organisasi melalui komunikasi dua arah. 

Marketing atau lebih dikenal dengan arti Pemasaran adalah fungsi strategis yang mengembangkan, memelihara, dan meningkatkan pangsa pasar produk, menarik dan memuaskan pelanggan, transaksi untuk membangun profitabilitas. 

Advertising yang juga lebih dikenal dengan arti Periklanan melibatkan pengembangan dan penempatan pesan promosi berbayar yang dapat dikontrol. Pesan tersebut menggunakan bakat kreatif, dengan bahasa dan frasa yang dirancang untuk "penjualan keras". 

Ketiganya memiliki fungsi strategis bahkan peran yang berbeda, Meskipun masing-masing fungsi ini memiliki Fungsi yang berbeda, fungsi tersebut juga bekerja sama dan berbagi tujuan yang sama untuk membantu organisasi berkomunikasi dengan publiknya — kelompok yang sangat penting bagi kelangsungan hidup organisasi.

Sebelum membahas peran seorang  PR, penting untuk memberikan pandangan terhadap peran tersebut beberapa perspektif dengan terlebih dahulu mendefinisikan fungsi PR, dan kemudian menjelaskan bagaimana PR berbeda dan terintegrasi dengan pemasaran dan periklanan menyajikan beberapa definisi PR terkini oleh beberapa pendidik dan profesional industri .

Singkatnya, PR adalah fungsi strategis yang mengelola dan membangun hubungan dengan publik organisasi melalui komunikasi dua arah. 

Para profesional PR mempromosikan komunikasi dua arah dengan menyediakan arus pertukaran ide, umpan balik, dan informasi yang terbuka antara organisasi dan publiknya. 

Mereka menasihati manajemen tentang cara terbaik membentuk kebijakan dan menetapkan program yang saling menguntungkan dan sensitif terhadap masalah publik. 

public relations membangun niat baik dan pemahaman tentang tujuan organisasi di antara berbagai publik internal dan eksternal, untuk membantu organisasi beroperasi dengan lancar dan menjalankan bisnisnya dalam lingkungan yang kooperatif dan bebas konflik.

Sebaliknya, tujuan pemasaran adalah untuk mengembangkan, mempertahankan, dan meningkatkan pangsa pasar produk; menarik dan memuaskan pelanggan; dan menyebabkan transaksi untuk membangun profitabilitas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun