Mohon tunggu...
Adi Faradian
Adi Faradian Mohon Tunggu... Keep on Movin

Seorang Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Wisnuwardhana Malang yang berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Karir

Kepemimpinan yang Efektif dalam Suatu Organisasi

18 Mei 2021   10:44 Diperbarui: 18 Mei 2021   11:05 84 1 0 Mohon Tunggu...

Seorang pemimpin mempunyai peranan yang cukup krusial, di mana mereka harus bisa memenuhi goals dari sebuah organisasi. Tetapi mereka juga diharuskan bisa memberikan sebuah motivasi, menjadi inspirasi, dan memaksimalkan setiap anggotanya. Seorang pemipin harus memiliki prinsip -- prinsip kepemimpinan, yaitu 

  • Motivasi. Seorang pemimpin harus memiliki motivasi yang kuat untuk mewujudkan visi misi organisasi/ perusahaan. Seorang pemipin juga harus bisa memotivasi bawahannya untuk mewujudkan visi misi dan tujuan Bersama.
  • Empati. Seorang pemimpin harus memiliki empati, bagaimana dia memahami orang lain, bagaimana dia mengontrol emosinya, dan berempati terhadap bawahannya demi memenuhi tujuannya tercapai.
  • Self esteem. Seorang pemimpin juga diharapkan memiliki harga diri agar bisa dihormati oleh bawahannya. Sehingga, seorang pemimpin harus bisa menghargai orang lain agar dia dihormati oleh orang lain.
  • Decision making. Seorang pemimpin harus bisa mengambil sebuah keputusan dalam kondisi seperti apapun. Sebuah hal yang memang tidak mudah, tetapi jika terus diasah, pengambilan keputusan ini akan menjadi semakin tepat dan terarah.
  • Komitmen. Merupakan hal yang cukup penting yang harus dimiliki oleh seorang pemipin. Seorang pemimpin harus bisa menjaga komitmennya untuk mencapai tujuan dan visi misinya.
  • Interpersonal awareness. Kemampuan untuk menunjukkan pemahaman yang benar mengenai diri seorang pemimpin dan orang lain. Dan juga memiliki pengetahuan yang mendalam tentang pikiran dan perasaan pemimpin sendiri.

Berikut di atas merupakan prinsip-prinsip kepemimpinan yang memang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Memang bukan hal yang mudah menjadi seorang pemimpin dan memehuhi prinsip-prinsep tersebut secara ideal. Tetapi hal tersebut dapat diwujudkan dengan mental yang kuat dan pemahaman yang baik mengenai kepemimpinan itu sendiri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x