Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Ingin Gowes pada Masa Pandemi? Persiapkan 5 Perlengkapan Ini

21 Juni 2020   09:01 Diperbarui: 21 Juni 2020   09:13 396
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
bersepeda/ sumber: dokumentasi Adica

Jika penyair Goenawan Mohamad mengaku sering memperoleh inspirasi pada pagi hari, saya justru mengalami hal yang sebaliknya. Inspirasi saya malah kerap muncul pada sore hari.

Saya sendiri tidak tahu sebabnya. Mungkin, hal itu bisa terjadi lantaran sore hari menawarkan suasana yang jauh lebih teduh. Wajar, pada saat-saat seperti itulah, kita bisa menyaksikan terbenamnya matahari, seraya mengucap syukur atas pengalaman yang terjadi sepanjang hari.

Bukankah momen tersebut begitu inspiratif?

Maka, jangan heran kalau saya senang berolahraga pada sore hari. Olahraga yang kerap saya lakukan sebetulnya ringan-ringan saja, yakni bersepeda di sekitar rumah. Meskipun rute yang ditempuh terbilang "pendek", namun kegiatan ini ternyata cukup menghabiskan banyak waktu.

Maklum, saya biasanya bersepeda sambil "berpelesiran". Dalam perjalanan, sesekali saya berhenti untuk memotret pemandangan atau sekadar membeli makanan. Alhasil, ketika tiba kembali di rumah, saya selalu membawa "oleh-oleh" berupa foto yang bisa diposting di IG Story atau makanan yang disantap pada malam hari.

bersepeda tak hanya menyehatkan jasmani, tetapi juga menyegarkan batin/ sumber: kompas.com
bersepeda tak hanya menyehatkan jasmani, tetapi juga menyegarkan batin/ sumber: kompas.com
Walaupun hanya dilakukan pada akhir pekan saja, tapi hobi ini mampu membuat tubuh saya terasa lebih bugar. Setelah selesai menggowes sepeda, biasanya saya sering "banjir" keringat. Hal ini tentu bagus untuk tubuh, karena ada banyak zat sisa yang dapat dikeluarkan bersama keringat.

Selain itu, proses pencernaan juga jauh lebih lancar. Jika sebelumnya buang air besar agak sulit dilakukan, maka setelah rutin bersepeda, semuanya terasa lancar. Belum lagi sederet manfaat lain, misalnya menjaga kesehatan jantung, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan sistem imun. Singkatnya, hobi ini memberi begitu banyak manfaat bagi jasmani.

Apalagi pada masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang, kegiatan ini justru mesti intens dilakukan. Sebab, kalau setiap sel dalam tubuh kini dalam kondisi yang bugar, maka peluang terkena Covid-19 sangatlah kecil. Jadi, kegiatan ini bisa menjadi salah satu wujud pencegahan yang baik terhadap serangan Virus Corona.

Meski begitu, Protokol Kesehatan tetap harus diterapkan. Perlengkapan yang menunjang aktivitas bersepeda mesti dikenakan. Semua itu dilakukan agar kegiatan tersebut bisa berjalan aman dan nyaman. Berdasarkan pengalaman, setidaknya ada 5 perlengkapan yang mesti disiapkan sebelum pergi menggowes sepeda.

1. Pakaian Kasual

Pilihan pakaian yang dikenakan bisa mempengaruhi kenyamanan saat kita bersepeda. Berdasarkan pengalaman, saya biasanya bersepeda dengan mengenakan kaos yang cukup longgar. Kaos dipilih karena lumayan sejuk dipakai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun