Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Efek "Jari Sakti" yang Sanggup Menggoyang Ekonomi

26 Februari 2019   10:09 Diperbarui: 26 Februari 2019   13:16 416 12 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Efek "Jari Sakti" yang Sanggup Menggoyang Ekonomi
Presiden Donald Trump (sumber foto: https://thenypost.files.wordpress.com)

Dalam Mitologi Yunani, Raja Midas dikenal memiliki "jari sakti". Semua yang disentuhnya bisa berubah menjadi emas. Saat ia memegang gelas, gelas itu menjelma gelas emas; sewaktu ia menyentuh pohon, seketika pohon itu berubah menjadi pohon emas.

Awalnya, Midas merasa senang. Dengan "jari sakti"-nya, ia bisa menjadi raja terkaya di muka bumi. Tidak akan ada seorang pun yang bisa menyaingi jumlah kekayaan yang dimilikinya. Sebab, ia bisa mengubah semua benda menjadi emas dengan mudah, dan hal itu dapat terus melipatgandakan harta bendanya.

Namun, masalah mulai muncul. Midas jadi sulit memenuhi kebutuhan dasarnya, terutama soal makanan. Maklum, saat ia ingin menyantap makanan, makanan yang tersaji di depannya berubah menjadi emas. Kalau semua makanan yang mau dilahapnya berubah menjadi emas, tentu ia mendapat masalah besar.

Oleh karena itu, Midas kemudian menjadi sangat kelaparan dan frustrasi. Agak aneh memang. Di tengah harta yang berlimpah ruah, seharusnya ia bisa hidup dengan nyaman. Namun, yang terjadi justru sebaliknya! Ia malah tidak dapat menikmati kekayaannya sedikit pun.

Sampai pada akhirnya, "bencana" lainnya pun datang. Tanpa sengaja, Midas menyentuh putrinya. Dalam sekejab, tubuh putrinya berubah menjadi bongkahan emas. Ia syok melihat anak kesayangannya itu menjelma benda mati atas keteledorannya sendiri!

Dengan rasa sesal, Midas kemudian meminta para dewa untuk mencabut semua kesaktiannya. Para dewa kemudian mengabulkan keinginannya. "Sentuhan emas"-nya pun lenyap. 

Semua benda yang pernah disentuhnya, termasuk putrinya, kembali seperti semula. Sejak saat itu, ia kembali menjadi raja biasa, yang hanya punya sedikit harta, tetapi sanggup hidup bahagia sampai akhir hayatnya.

Biarpun cuma mitologi yang belum jelas kebenarannya, "jari sakti" yang dimiliki raja midas tampaknya tidak hilang seluruhnya. "Jari sakti" itu mungkin saja telah bertransformasi melampaui waktu, dan kini dimiliki oleh para pemimpin tertentu.

Beberapa pemimpin memang diketahui memiliki "jari sakti". Walaupun tidak bisa mengubah benda yang disentuhnya menjadi emas seperti halnya Raja Midas, jari yang dimilikinya bisa memengaruhi ekonomi dunia.

Sebut saja "jari sakti"-nya Donald Trump. Presiden Amerika Serikat yang doyan bikin kontroversi ini memiliki jari yang cukup lincah, terutama dalam menulis ciutan di twitter. Dari jemarinya tersebut, telah "lahir" sejumlah tulisan, yang sanggup menggoyang hajat hidup orang banyak.

Satu di antaranya ialah ciutan yang ditulisnya belum lama ini. Berdasarkan cnbcindonesia.com, dalam ciutan tersebut, Trump menulis akan menunda menaikkan tarif bea impor atas produk-produk dari Tiongkok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN