Mohon tunggu...
ADI WAHYUDI
ADI WAHYUDI Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Pentingnya Menjaga Etika ketika Melamar Pekerjaan

30 Juni 2018   16:06 Diperbarui: 30 Juni 2018   16:45 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pentingnya Menjaga Etika ketika Melamar Pekerjaan
Ilustrasi: Shutterstock.com

Di era sekarang, ketatnya persaingan dalam mencari kerja bukanlah hal yang asing lagi didengar oleh telinga kita. Baik untuk mereka yang sudah menjajal perguruan tinggi ataupun tidak. 

Mengapa itu bisa terjadi ? karena sekarang, bukan hanya lapangan kerjanya yang sedikit , tapi juga standar kerjanya yang sudah tinggi. Oleh karena itu, yang harus dilakukan oleh sipelamar kerja adalah mempersiapkan dirinya dengan baik agar dapat bersaing dengan pencari kerja yang lain.

Semakin  banyaknya pelamar kerja yang melamar kerja membuat suatu instansi perusahaan menaikkan taraf kualitas pekerja yang dicarinya. 

Tentunya kebijakan ini untuk meningkatkan kinerja perusahaannya agar dapat berkembang lebih baik lagi dan juga agar tidak menyia-nyiakan pelamar kerja yang mempunyai kualitas pribadi yang baik agar tidak menjadi pengangguran atau malah bekerja diperusahaan lain.

Tentunya, banyak tahapan penyaringan yang dilakukan oleh perusahaan agar mendapatkan karyawan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkannya. 

Biasanya, yang menjadi tolak ukur suatu instansi perusahaan dalam mencari pekerja adalah jenjang atau strata pendidikan dari sipekerja itu sendiri.

Tapi apakah kita masih bisa mengandalkan jenjang pendidikan itu di era sekarang ini ? jawabannya, TIDAK!

Sekarang, yang perlu diketahui bahwa yang menjadi tolak ukur suatu perusahaan dalam mencari pekerja bukan hanya dari jenjang pendidikan sipelamar itu sendiri. Tetapi juga dari pengalaman, kedewasaan hingga etika dari pelamar tersebut. 

Ya, mengapa ada etika ?  sebelumnya perlu diketahui bahwa etika adalah aturan mengenai sikap atau perilaku dilingkungan kita sesuai dengan kebiasaan ditempat itu. 

Temasuk sopan santun dalam bersikap, atau berbicara. Etika juga digambarkan oleh baik atau buruknya sikap dan perilaku seseorang yang diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari.  

Oleh karena itu, seseorang yang mempunyai etika yang baik, pasti akan berdampak baik pada lingkungannya. Dan, yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah mereka yang mempunyai etika yang baik, agar dapat bekerja sesuai dengan apa yang telah ditugaskan dan dapat bekerja dengan TIM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2