Mohon tunggu...
Adi Putih
Adi Putih Mohon Tunggu... Penulis - penulis

seorang pribadi yang suka tantangan

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mewujudkan Kualitas Udara Bersih

26 November 2023   01:58 Diperbarui: 26 November 2023   03:22 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Doc : Flyer Lomba Menulis YLKI

Untuk kedua kali-nya kami mengikuti diskusi publik bersama YLKI dan KBR  membahas tentang Sinergitas Sektor Tranportasi dan Sektor Energi untuk mewujudkan Kualitas Udara Bersih di kota Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Medan, dan Makasar. Berikut adalah beberapa cara untuk mewujudkan udara yang bersih dan sehat :

-> Kurangi penggunaan kendaraan pribadi: Menggunakan transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki dapat mengurangi emisi kendaraan bermotor dan membantu mengurangi polusi udara.

-> Dukung energi terbarukan: Menggunakan energi terbarukan seperti energi surya atau energi angin dapat mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil.

-> Tingkatkan efisiensi energi: Menghemat energi di rumah, seperti menggunakan peralatan listrik yang efisien, dapat mengurangi konsumsi energi dan emisi polusi udara.

-> Dukung penghijauan kota: Penanaman pohon dan peningkatan penghijauan di kota dapat membantu menyaring polutan dan menghasilkan udara yang lebih bersih.

-> Dukung program daur ulang dan pengelolaan limbah yang baik: Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mengelola sampah dengan benar dapat mencegah pembakaran limbah yang menghasilkan polusi udara.

-> Dukung kebijakan dan regulasi lingkungan yang ketat: Dukung dan ikut serta dalam inisiatif komunitas, organisasi non-pemerintah, dan gerakan masyarakat yang memperjuangkan udara bersih dan perlindungan lingkungan.

-> Edukasi diri sendiri dan orang lain: Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga udara bersih melalui edukasi dan informasi yang tepat.

-> Hindari membakar limbah: Jangan membakar sampah, daun kering, atau bahan bakar dengan cara yang tidak aman karena dapat menghasilkan polusi udara yang berbahaya.

-> Hindari paparan langsung terhadap polutan: Saat kondisi udara buruk, hindari tinggal di daerah dengan polusi udara tinggi dan gunakan masker respirator jika perlu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun