Mohon tunggu...
Herlambang AdiNugroho
Herlambang AdiNugroho Mohon Tunggu... Social Life | KBC-14

Mahasiswa Politeknik Mitra Karya Mandiri ~Aku tak punya karya. Tapi aku punya cerita~

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Pilihan

Gaji Orang Bermain Game

14 Maret 2020   08:05 Diperbarui: 14 Maret 2020   08:07 320 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gaji Orang Bermain Game
Sumber: indoesport.com

Hallo semuanya, kali ini saya mau bahas tentang gaji para player E-sport atau elektronik esport khususnya divisi mobile legends. Pernah tidak tersirat di pikiran kalian bahwa ada loh main game tapi mempunyai gaji bulanan dan para player mobile legends itu gajinya berapa sih? nominalnya dibilang cukup lumayan besar, sampai bisa mengangkat perekonomian indonesia sampai pada saat ini.

Jaman sekarang siapa sih yang gak main mobile legends, dari usia belasan tahun sampe 40an tahun pada main game ini. Game ini pertama kali launching pada 2016 dan mulai berkembang pada 2017 sampai sekarang, kurang lebih ada 170juta penguna aktif. Sangking populernya game ini sampe ajang olahraga se-asia SEA GAMES pada tahun 2019 mulai di ikutkan E-sports Mobile legend untuk jadi salah satu ajang olahraga.

Tim Mobile Legends Indonesia yang diperkuat Julianto, Gustian, Putra, Ridwan dan Teguh Iman, harus mengakui keunggulan Filipina dengan skor tipis 2-3 pada nomor Mobile Legends Bang Bang dalam partai grand final best of five (BO5) hanya bisa mendapatkan perak. Sampe sekarang perlombaan mobile legends semakin banyak, dari mulai di kalangan RT RW, SMA dan Kampus sampe di Indonesia ada perlombaan yang di adakan setiap tahun yang namanya MPL (mobile legends pro League), sekarang sudah season 5.

Ada pula perlombaan MSC khusus asia tenggara dan ML M1 untuk kelas internasional. Ini lah nama-nama tim yang sudah cukup terkenal dia indonesia maupun luar indonesia sepeeti EVOS E-sports, RRQ E-sport, ONIC E-sport, AURA, BIGETRON, ALTERIGO, GEEK FAM, LOUVRE, BOOM ID, GENFLIX AERO WOLF.

Sumber : techno.okzone.com
Sumber : techno.okzone.com
Dengan banyaknya perlombaan dari mulai nasional sampai internasiona kita pasti bertanya-tanya gaji para pro player mobile legends itu berapa?, sedangkan hadiahnya saja juara satu sudah sampe 1Milyar/tim. Mereka digaji perbulan, menang atau kalah mereka tetap di gaji, seperti layaknya bekerja di kantor mereka juga mempunyai kontrak dengan manajemen tim E-sport tersebut.

Menurut pengakuan pemain dari tim EVOS yaitu Donkey yang sudah berusia 30tahun, ia mengatakan bahwa gaji perbulanya 5-10 juta, jika memenangkan perlombaan mendapatkan bonus 50 juta/orang bukan untuk 1 tim, itu baru gaji dan bonus kemenangan, belum dari uang sponsor,stream youtube dan platform media sosial yang lain, jadi kurang lebih 200-300 juta per bulan, waw cukup fantastis bukan.

Gimana kalian berminat menjadi pro player mobile legends?. Tapi tidak semudah yang kalian fikirkan, karna menurut para pro player kita butuh otak yang aktif dan fisik yang kuat. Dikutip dari pemain tim EVOS yang bernama Jessnolimit, bermain game dan berlatih 1 hari bisa sampe 10 -16 jam, untuk makan saja sambil bermain game, tidur cuman 3-5 jam per hari. Wah cukup melelahkan bukan, tapi semunya terbayar dengan gaji yang cukup fantastis pencapaian cukup luar biasa.

Bermain game berlebihan juga tidak bagus buat kesehatan, ada pun dampak-dampak bermain game berlebihan, memang kecanduan bermain game berlebihan pasti lupa waktu lupa makan, itu dapat mengakibatkan mata sakit, migran,punggung sakit dan insomia akut atau tidak bisa tidur di malam hari. Makanya kita harus bijak bermain game, ingat waktu, ingat makan dan ingat beristirahat minimal 8 jam/hari.

Kita tetap bisa berlatih menjadi pro player dengan waktu berlatih 8 jam perhari sudah cukup, tinggal gimana kita mengatur strategi dalam bermain game bukan lamanya bermain game.

VIDEO PILIHAN