Mohon tunggu...
Adhitya Mahatravatama
Adhitya Mahatravatama Mohon Tunggu... Lainnya - Lulusan Ilmu Komunikasi

Menonton dan mengulas film, series, juga pertandingan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Review Drama "My Liberation Notes", Catatan Perjalanan Menuju Kebebasan

30 Juni 2022   13:35 Diperbarui: 30 Juni 2022   13:41 357 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Drama Korea | sumber: unsplash

My Liberation Notes adalah TV series asal Korea Selatan yang dirilis perdana 9 April 2022 di JTBC dan Netflix. Drama korea (drakor) ini berjumlah 16 episode dengan durasi 60-70 menit per-episodenya. Disutradai oleh Kim Suk-Yoon (Law School) dengan naskah dari Park Hae Young (My Mister), My Liberation Notes menceritakan perjalanan tiga bersaudara dari Keluarga Yeom yang diperankan oleh Lee-Il, Lee Min-Ki, Kim Ji-Won, dan Son Suk-Ku sebagai pria asing yang bekerja dengan keluarga mereka.

Keluarga Yeom yang tinggal di daerah pelosok memulai hari dengan bekerja ke pusat kota Seoul dan pulang di sore hingga larut malam. Kejenuhan mereka dengan hidup, pekerjaan, kisah asmara dan keluarga yang rumit jadi bumbu utama drama ini.

Kekuatan Utama Terletak pada Naskah

Pengalaman Park Hae Young memproduksi naskah slice of life memang tak bisa dipandang sebelah mata. Usai menceritakan hidup yang kejam dengan begitu manis di My Mister, Hae Young juga berhasil menggambarkan kejenuhan hidup keluarga kecil di pelosok desa melalui My Liberation Notes.

Drama ini dipenuhi dialog-dialog realistis, dilengkapi dengan perbedaan karakter dari setiap peran serta masalah yang mereka hadapi. Yeom Gi-Jeong si pengeluh yang haus cinta, Yeom Chang-Hee dengan ambisi pindah ke kota tanpa punya tujuan pasti, Yeom Mi-Jeong si bungsu pendiam yang merasa kosong, tak lupa Pak Gu pria pemabuk namun giat bekerja dengan ayah keluarga Yeom.

"Pujalah aku" (salah satu kalimat paling membekas dari My Liberation Notes, menurut penulis)

Buku Catatan, salah satu simbol utama dalam drama My Liberation Notes | Photo by David Travis on Unsplash
Buku Catatan, salah satu simbol utama dalam drama My Liberation Notes | Photo by David Travis on Unsplash

Tidak Akrab, Namun Teramat Hangat

Harmoni keluarga kecil Yeom memang tidak begitu terlihat namun memiliki ikatan kuat. Keseharian mereka di ladang, pabrik, dan meja makan ditampilkan dengan apa adanya. Sekadar interaksi kecil juga kontak mata saja sudah menunjukkan bagaimana keluarga ini menghadapi problema hidup masing-masing dengan tetap beriringan.

Setting lokasi didukung dengan properti membuat My Liberation Notes benar menjadi sebuah catatan pembebasan. Begitu mahirnya drama ini mengambil gambar tanpa membuat penonton merasa "ah di sini-sini aja nih tempatnya". Selalu ada cerita baru di setiap adegannya. Kian lengkap diiringi audio scoring dan soundtrack bernuansa tenang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan