Mohon tunggu...
Adhicipta Wirawan
Adhicipta Wirawan Mohon Tunggu... Dosen - Ciptakan Pendidikan yang Mudah dan Menyenangkan

Ice Breaking Games Designer dan Financial Literacy Games Designer di: https://karyakarsa.com/adhiciptaplayground

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Bagaimana Ice Breaking Games Saat Pandemi Covid-19 Berakhir (Normal Baru)?

5 Oktober 2021   09:09 Diperbarui: 5 Oktober 2021   11:52 315 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: freepik lisensi bebas komersial/personal

Ice Breaking Games di Periode Awal Pandemi (Maret 2020 - September 2021)

Sejak pemerintah memulai kebijakan social distancing dalam skala besar pada bulan Maret 2020, sebagian besar masyarakat mulai beradaptasi dan bertranformasi menjalani kehidupan digital.

Pekerjaan kantor yang bersifat administratif serta aktivitas kerja lainnya yang tidak membutuhkan peralatan dan infrastruktur besar semua dialihkan di rumah. Proses pendidikan yang tidak membutuhkan fasilitas laboratorium atau bengkel kerja terpaksa harus dilakukan di rumah.

Manajemen perusahaan, pemerintah, sekolah serta lembaga pendidikan lainnya memiliki kekhawatiran besar terhadap kinerja tim, pengembangan softskill ketika sebagian besar aktivitas dilakukan secara jarak jauh dengan berbagai media komunikasi.

Tentu bagi masyakat yang tinggal di kawasan dengan infrastruktur telekomunikasi yang baik semua peralihan kerja dari on-site menjadi off-site tidak ada masalah. Dengan melakukan ice breaking games secara rutin dan berkala di tempat kerja atau lembaga pendidikan bisa dilakukan secara virtual.

Beberapa pengajar dan praktisi pelatihan yang sering menggunakan ice breaking games banyak memanfaatkan permainan yang siap pakai dan mudah dimodifikasi (BACA: Ice Breaking Games Powerpoint). Setiap hari kerja dan hari sekolah kejenuhan sebagian masyarakat saat melakukan aktivitas virtual menjadi segar kembali setelah bermain ice breaking games.

Ice Breaking Games di Periode Pemulihan Pandemi (Oktober 2021 - Sekarang)

Kerjakeras pemerintah bersama para nakes serta masyarakat menghadapi pandemi covid-19 mulai dirasakan hasilnya. Penurunan angka penyebaran covid-19 hingga kematian semakin menurun. 

Pemerintah mulai melonggarkan level skala pembatasan aktivitas di berbagai kawasan dan aktivitas kehidupan berangsur kembali ke bentuk normal yang baru.

Perkantoran hingga sekolah dan kampus mulai kembali melakukan aktivitas secara offline dan tatap muka langsung dengan protokol kesehatan yang tetap ditaati bersama. 

Lalu bagaimana kebutuhan Ice breaking games di masa pemulihan ini?

Kebutuhan ice breaking games untuk menjaga kualitas komunikasi dan kerja sama tim akan tetap selalu ada sampai kapan pun. Tantangan saat ini adalah bagaimana bentuk ice breaking games yang cocok pada pola kerja hybrid antara:

  1. pekerja online dengan offline 
  2. siswa yang online dengan yang offline

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan