Mohon tunggu...
adhe nurasyiah
adhe nurasyiah Mohon Tunggu... Mahasiswa - aktif

life is still going on

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

H2O Si Paling Penting dalam Kehidupan

1 Desember 2021   00:16 Diperbarui: 1 Desember 2021   00:19 67 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dalam kehidupan manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya air, tanah dan udara. Tiga hal tersebut selalu menjadi ikonik penting dalam kehidupan, seperti air yang sangat penting karena hampir seluruh dunia ini adalah lautan dan bahkan sekitar tiga per empat dalam tubuh kita tersusun oleh air. Selain karena itu air juga sangat berguna utuk keperluan seperti industri, pertanian, mencuci, memasak dan membersihkan sesuatu yang kotor di sekitar kita.

Air memang penting dalam kehidupan setiap makhluk hidup, tetapi jika air tersebut datang dengan jumlah volume, kualitas dan kondisi tertentu, air tersebut dapat menjadi ancaman bagi makhluk hidup di muka bumi ini. Berkaitan dengan air ini dalam perspektif islam bahwasannya Allah SWT telah memberikan hak-hak pemanfaatan air bagi manusia dan seluruh makhluk hidup. Bahwasannya makhlukhidup didunia ini memiliki hak yang sama atas penggunaan air.

Maka dapat dikatan Air ialah suatu senyawa hidrogen dan oksigen dengan rumusan kimia H2O yang berikatan secara kovalen. Ikatan ini terbentuk dengan adanya ikatan elektron secara bersamaan. Degan ini kita dapat mengidentifikasi sifat fisik dari air yaitu air sebagai benda cair, air sebagai benda padat dan air sebagai benda gas. Perubahan air dapat di lihat dari suatu bentuk ke bentuk lainnya yang bergantung pada temperatur, waktu dan tempat.

Kualitas air suatu tempat secara tidak langsung akan menunjukkan mutu dari air yang digunakan dalam suatu kegiatan atau keperluan tertentu. Dengan itu berarti kualitas air yang digunakan dalam suatu kegiatan akan berbeda dari kegiatan lainnya. Sebagai contoh adalah kualitas air untuk irigasi akan berbeda dengan kualitas air untuk dapat di konsumsi. 

Penyediaan air bersih dalam jumlah yang cukup dan baik dalam keperluan konsumsi atau lainnya tidak hanya memiliki arti untuk terpenuhinya permintaan dan kebutuhan itu sendiri, tetapi dengan adanya penyediaan air bersih dapat meberikan kenyamanan masyarakat dalam kehidupan yang higienis.

Dalam menjamin suatu persediaan air bersih itu aman, higinis dan baik untuk dikonsumsi tanpa memiliki kemungkinan dapat menginfeksi semua pemakai air bersih, maka harus ada yang namanya pemenuhan dalam persyaratan kualitas air. Air minum yang ideal seharusnya memiliki ciri yaitu, jernih, tidak berwarna dan tidak berasa. Dalam air yang dapat di konsumsi seharusnya tidak mengandung unsur atau zat kimia dan kuman pathogen serta tidak mengandung bakteri yang mebahayakan kesehatan makhluk hidup.

Pada dasarnya pemakaian air tidak akan sama antara yang satu dengan yang lainnya bahkan pemakaian air dalam perjam nya pun akan berbeda. Perbedaan ini terjadi karena adanya ketidaksamaan aktivitas penggunaan air dalam satu hari di lingkungan masyarakat. 

Perbedaan pemakaian air dalam kurun waktu satu tahun di sebabkan oleh adanya kebiasaan hidup dan iklim yang berbeda di setiap belahan bumi lainnya. Terlihat dari segi iklim indonesia cenderung memiliki faktor maksimum pemakaian air lebih besar daripada negara lain yang memiliki 4 musim, dikarenakan pemakaian air di pagi dan sore hari tetap tinggi.

Besarnya penggunaan air di indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya ialah tingkat perekonomian pelanggan. Di indonesia memiliki lembaga PDAM, yaitu suatu lembaga yang menyortir segala bentuk penyalurkan air bersih hingga pelosok indonesia dengan sistem bayar per bulan tergantung pemakaian. Lalu mengapa salah satu faktor dari besarnya pemakaian air adalah tingkat perekonomian, karena di lansir dari PDAM bahwasannya setiap warga memiliki besarnya pembayaran rekening listrik yang dimana hal ini dapat menunjukkan rata-rata pemakaian air menggunakan jasa PDAM di indonesia sangat tinggi.  

Tujuh puluh persen planet dibumi ini di tutupi oleh air sehingga banyak orang beranggapan air di muka bumi ini sangat melimpah. Benar memang adanya bahwa air itu sangat melimpah, tetapi kita pun harus memperhatikan penggunaan air tersebut karena tidak selamanya sumberdaya air ini akan terus melimpah dan dapat di gunakan kapan saja. Sebagian besar air di muka bumi ini adalah air laut yang dimana iar laut itu tidak dapat di gunakan untuk kebutuhan sehari-hari maupun dikonsumsi secara langsung oleh seluruh makhlukhidup di dunia.

Seiring dengan peningkatannya populasi manusia di muka bumi ini kebutuhan terhadap air pun ikut meningkat terutama dalam hal mendapatkan air bersih. Hal ini pun menimbulkan berbagai macam masalah yang terdapat pada masyarakat yang memicu isu global yang menjadi permasalahan dunia, salah satu contohnya yaitu kekurangan air bersih  pada masyarakat yang harus kita kaji bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan