Mohon tunggu...
ADE SETIAWAN
ADE SETIAWAN Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Kepala Puskeswan Pandeglang

All is Well

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Cerita Perjalanan ke Bendungan Karian di Kabupaten Lebak

13 Februari 2024   00:01 Diperbarui: 13 Februari 2024   00:04 238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Patung Leuit di Simpang Tiga Desa Pasirtanjung Kecamatan Rangkasbitung 09.02.2024 (Dokpri)***

Menyaksikan langsung kemegahan Bendungan Karian menjadi pengalaman pertama saat saya berkunjung kesana. Waduk serba guna ini menawarkan pemandangan eksotis, alam yang asri, dan suasana tenang yang cocok untuk healing.

Akhir pekan kemarin, saya menyempatkan diri beserta keluarga untuk berkunjung ke lokasi Bendungan Karian yang telah diresmikan Presiden RI tepat sebulan lalu. Lokasi tepatnya di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Pagi-pagi sekali, kami bergegas dari rumah menuju Ibu Kota Kabupaten Lebak, Kecamatan Rangkasbitung. Tujuannya untuk memenuhi hasrat ingin tahu bendungan raksasa terbesar ketiga di Indonesia, yakni Bandungan Karian.

Mengenakan setelan celana dan kaos serta sepatu olah raga, kami meluncur menggunakan mobil dan 30 menit kemudian telah tiba di tengah-tengah Kota Rangkasbitung.

Sekira pukul 07.00 kami melintas Jembatan Dua, salah satu jembatan pelangi (warna warni) ikonik Kota Rangkasbitung yang membelah Sungai Ciujung.

Nah, untuk penamaan Jembatan Dua ini ada ceritanya lho!. Warga setempat menyebut Jembatan Dua lantaran disini terdapat dua jembatan yang menghubungkan daerah pusat Kota Rangkasbitung ke daerah Kabupaten Pandeglang.

Kedua jembatan ini memiliki fungsi yang berbeda. Satu jembatan diperuntukan bagi pejalan kaki dan kendaraan bermotor. Sedangkan jembatan satunya diperuntukan khusus bagi kereta api (KAI) jurusan Rangkasbitung – Serang – Merak, Kota Cilegon.

Baca : Backpackeran ke Desa Wisata Pulau Tunda

Jembatan Pelangi Kota Rangkasbitung 09.02.2024 (Dokpri)***
Jembatan Pelangi Kota Rangkasbitung 09.02.2024 (Dokpri)***

Tak jauh dari Jembatan Dua, terdapat Pasar Kota Rangkasbitung. Disini kami menghentikan kendaraan sejenak untuk sarapan, sekaligus membeli bekal ala kadarnya, berupa camilan, jajanan ringan dan minuman.

Usai sarapan pagi, pukul 07.30 perjalanan dilanjutkan dari Pasar Kota Rangkasbitung menelusuri jalan raya utama Rangkasbitung - Cipanas – Bogor menuju arah Desa Pasirtanjung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun