Mohon tunggu...
Ade Ramayani
Ade Ramayani Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Freelancer

Kegabutan Mahasiswa Akhir :)

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

The Power of Value Eka Tjipta Widjaja

14 September 2022   15:51 Diperbarui: 14 September 2022   16:08 119 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Sinar Mas merupakan salah satu perusahaan yang memiliki kontribusi penting dalam pengembangan dan pembangunan perekonomian di Indonesia. Sinar Mas menjadi sebuah brand perusahaan yang bergerak dibidang Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Pangan, Layanan Keuangan, Pengembang dan Realestat, Telekomunikasi, Energi dan Infrastruktur, serta Layanan Kesehatan. Ke tujuh bidang tersebut dinamakan sebagai " Tujuh Pilar Bisnis " yang memiliki nilai dan historical yang cukup tinggi. 

Setiap pilar yang dimiliki perusahaan tersebut digambarkan sebagai sebuah layanan komoditas yang memiliki pengaruh kuat dalam memenuhi kebutuhan di lingkungan masyarakat. Namun dibalik itu semua, ada sebuah sosok berintegritas tinggi yang menjadi proklamator dalam mendirikan perusahaaan tersebut. Sosok itu dikenal dengan nama Eka Tjipta Widjaja. 

Eka Tjipta Widjaja atau dengan nama asli Oei Ek Tjhong bukanlah seorang anak yang terlahir dengan sendok emas.  Perjuangan dan kerja keras sudah menjadi komsumsi sehari-hari yang harus ia rasakan mulai dari kecil. 

Perjuangan tersebut ia mulai, sejak ibunya memutuskan pergi membawa dirinya ke Makassar untuk bertemu dengan ayahnya. Kondisi yang harus mereka alami saat itu cukup sulit, hal itu dikarenakan sang ayah memiliki utang-piutang yang cukup besar dan memaksa dirinya untuk mencari jalan yang sama untuk membantu ayahnya.

Kegigihan dan Keuletan yang ia miliki saat itu, membuat ia berhasil membangun perusahaan Sinar Mas menjadi salah satu perusahaan yang memiliki income (pendapatan) yang cukup tinggi dan tersebar hampir ke seluruh Indonesia. Lalu apakah alasan dibalik kesuksesan Eka Tjipta Widjaja dalam mendirikan Sinar Mas? 

1. Pantang Menyerah 

"Kesulitan apapun dalam menjalankan bisnis, asal punya keinginan untuk berjuang, pasti semua kesulitan bisa diatasi" Ujar Eka Tjipta Widjaja

Kata-kata tersebut merupakan warisan nilai yang ia turunkan kepada generasi muda yang harus berjuang untuk membangun segala mimpi yang mereka inginkan. 

Sebuah mimpi hanya akan tidur, Jika tidak digerakkan. Perjuangan Eka dalam membangun bisnisnya dapat menjadi contoh bagi generasi muda bahwa sifat pantang menyerah akan menjadi tameng yang kuat dalam membangun mimpi. 

Jatuh bangun dalam memperjuangkan sebuah mimpi merupakan hal yang cukup biasa. Walaupun usia Eka saat itu masih tergolong muda. Ia bahkan tidak pernah berpangku tangan dan selalu berjuang bangkit dari kegagalan yang ia alami.

2. Memiliki Loyalitas dan Integritas yang tinggi

Sosok Eka Tjipta Widjaja digambarkan sebagai sosok yang rendah hati dan berjiwa besar. Hal itulah yang membuat ia berhasil membangun Sinar Mas menjadi sebuah perusahaan yang memiliki loyalitas tinggi terhadap karyawan, investor hingga masyarakat. 

Sinar Mas Foundation merupakan salah bukti keloyalitas dan integritas yang dimiliki Eka, hingga organisasi tersebut mampu memberikan manfaat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup yang mereka miliki.

3. Mampu menciptakan sebuah peluang 

Peluang merupakan celah dimana kita dapat mencari jalan untuk menciptakan sebuah inovasi yang mampu menghasilkan uang. menciptakan sebuah peluang bukanlah hal yang mudah, hal itu dikarenakan kita harus mampu melihat dan membaca suasana yang terjadi pada saat itu. 

Sosok Eka sendiri termasuk sosok yang dapat melihat hal itu. Salah satu contohnya ketika seorang kontraktor penguburan makam yang menawarkan membeli semua semen yang dimiliki oleh Eka, Namun bukannya menerima, ia malah menolaknya. 

Hal itu dikareanakan ia memutuskan menjadi kontraktor penguburan makam dikemudian harinya dan mendapat income yang cukup banyak. Pemikiran cerdas seperti itulah yang harus ditanam oleh generasi muda saat ini. Bahwa peluang akan muncul diwaktu dan tempat yang tidak akan kita guna. Maka cobalah untuk melihat peluang tersebut bukan mencarinya.

Banyak hal yang dapat kita jadikan pelajaran mengenai sosok eka tersebut. Walaupun sosok tersebut sudah tiada, namun kerja keras dan sifat pantang menyerah yang ia miliki masih mengalir deras dalam nadi yang kita miliki. Cobalah pahami sosok tersebut, kemudian terapkan hal itu dalam kehidupanmu. Maka tak butuh waktu lama, kesuksesan tersebut berada digenggaman tanganmu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan