Mohon tunggu...
Emir Adenaury
Emir Adenaury Mohon Tunggu...

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cara Memperoleh Informasi yang Tepat dan Akurat di Internet

10 Juni 2013   00:36 Diperbarui: 24 Juni 2015   12:17 751 0 1 Mohon Tunggu...

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat kehidupan manusia semakin mudah. Saat ini berbagai macam informasi dapat kita peroleh dengan mudah hanya dengan mengetikkan kata di mesin pencari Google, berbeda dengan lima belas tahun yang lalu ketika orang-orang mencari informasi hanya melalui buku atau literatur. Hal ini tentu saja memudahkan kita dalam mencari informasi yang kita perlukan kapanpun dan dimanapun kita berada, asalkan kita memiliki koneksi internet.

Keberadaan internet saat ini benar-benar memberikan kita akses secara bebas untuk mencari informasi. Akan tetapi tulisan atau artikel yang terdapat di internet tidak semuanya benar. Bahkan situs wikipedia sekalipun tidak bisa dipercaya sepenuhnya, karena setiap orang dapat menambahkan ataupun mengubah informasi yang ada di dalamnya. Hal ini menjadi masalah ketika ada orang yang menyalin isi tulisan tanpa menyaringnya, dan kemudian mempublikasikannya di ruang umum.

Bagi pengguna yang ingin mencari informasi-informasi akademis, lebih baik mengunjungi situs yang memiliki domain sch.xx atau ac.xx. Domain sch.xx merupakan domain untuk sekolah, sedangkan domain ac.xx merupakan domain untuk perguruan tinggi. Akhiran xx pada kedua domain tersebut merupakan informasi negara pemilik situs tersebut, sebagai contoh ac.id merupakan domain perguruan tinggi dari Indonesia sedangkan ac.uk merupakan domain perguruan tinggi dari Inggris.

Untuk mencari informasi yang bersifat umum, penggunaan mesin pencari Google masih dapat dipercaya. Hal ini dikarenakan Google memiliki pengaturan pencarian yang dapat kita tentukan sendiri, diantaranya asal situs, waktu, hasil, dan lokasi. Namun sebaiknya hindari situs dengan domain blogpot.com atau wordpress.com, karena kedua domain tersebut merupakan domain gratis yang dapat dimiliki semua orang tanpa kualifikasi tertentu.

Untuk mencari informasi yang bersifat khusus, penggunaan mesin pencari Google tidak dianjurkan. Daripada menggunakan Google lebih baik kita mencarinya melalui forum atau grup yang membahas tentang hal tersebut. Saat ini banyak situs yang digunakan sebagai forum atau grup bagi orang-orang yang mempunyai minat pada hal tertentu, contohnya kaskus, indowebster, dan facebook.

Kaskus memiliki forum yang terbagi menjadi beberapa kategori, seperti olahraga, bisnis, politik, dan lain-lain. Setelah masuk ke salah satu kategori, kita dapat mencari thread yang sesuai dengan informasi yang kita butuhkan. Bahkan jika kita memiliki akun kaskus, kita dapat berinteraksi dengan pemilik akun lainnya untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan di suatu thread.

Yang kedua adalah indowebster, situs ini juga memiliki forum yang sudah dibagi ke dalam beberapa kategori. Akan tetapi pengaksesan informasi di dalam indowebster tidak bisa dilakukan dengan mudah, karena pemilik akun yang memberikan informasi dapat membatasinya dengan beberapa ketentuan, contohnya kita tidak dapat melihat informasi jika belum terdaftar sebagai anggota forum dan membagikan beberapa informasi sebelumnya.

Selanjutnya facebook, situs media sosial ini memungkinkan pengguna untuk membuat grup dengan pengaturan privasi yang berbeda-beda, diantaranya terbuka, tertutup, dan rahasia. Pada pengaturan terbuka, siapa pun dapat melihat grup, anggotanya, dan kiriman anggota. Selanjutnya pada pengaturan tertutup, siapa pun dapat melihat grup dan anggotanya, tetapi hanya anggota yang dapat melihat kiriman. Sedangkan pada pengaturan rahasia, hanya anggota yang dapat melihat grup, siapa yang berada di dalamnya, dan apa yang dikirimkan oleh anggota. Selain pengaturan privasi, grup facebook juga memiliki pengaturan persetujuan keanggotaan, izin mengirim, dan persetujuan kiriman. Pengaturan persetujuan keanggotaan tebagi dua, yang pertama setiap anggota dapat menambahkan atau menyetujui anggota, dan yang kedua setiap anggota dapat menambahkan anggota, tetapi hanya pengurus yang menyetujui mereka. Dan untuk pengaturan izin mengirim juga terbagi dua, yang pertama hanya anggota yang dapat mengirim ke grup, dan yang kedua hanya pengurus yang dapat mengirim ke grup. Selanjutnya pengaturan persetujuan kiriman, yaitu semua kiriman grup harus disetujui pengurus atau tidak. Dengan banyaknya pengaturan grup di facebook, ada kemungkinan kita tidak dapat menjadi anggota suatu grup dengan sesuka hati dan melihat informasi di dalamnya. Dengan demikian tingkat keakuratan informasi dalam suatu grup yang bersifat rahasia relatif tinggi.

Jadi, dalam mencari informasi yang tepat dan akurat di internet kita harus cerdas dalam memilih situs. Pengguna internet yang ingin mencari informasi akademis lebih baik mengunjungi situs dengan domain sch.xx atau ac.xx. Bagi pengguna yang ingin mencari informasi yang bersifat umum, mesin pencari Google masih layak digunakan. Sedangkan untuk mencari informasi yang bersifat khusus, lebih baik kita mencarinya di situs yang menyediakan forum atau grup, seperti kaskus, indowebster, dan facebook.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x