Mohon tunggu...
Ade Lisna
Ade Lisna Mohon Tunggu... Menulis Ladang Kebahagiaan

Introvert sedikit Extrovert

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

3 Prinsip Memulai Jualan Online Bagi Milenial

4 Maret 2021   07:32 Diperbarui: 4 Maret 2021   07:36 80 4 0 Mohon Tunggu...

3 Prinsip Memulai Jualan Online Bagi Milenial - Sebenarnya dalam jualan online  setiap orang mempunyai cara dan pola masing-masing . Saat terjun jualan online, awalnya karena atm akan masuk masa tenggang (read:tidak aktif) beberapa minggu lagi. 

Pada saat itu saya masih berstatus mahasiswa semester akhir. Untuk uang pun hanya sebatas tunai saja. Awalnya buat atm pada saat karena magang di salah satu bank.  Dari situ saya berpikir mengapa tidak jualan online saja. Karena kalau jualan online ada pemasukan meskipun 1 kali transaksi saja. 

Saat itu juga saya memulai jualan online dari facebook dan bbm. Karena tidak punya skill dalam berjualan, awalnya saya juga keteteran dan bingung kalau menghadapi konsumen.  Saya tidak menyerah sembari jualan online dan belajar bagaimana cara berjualan online

Saat memulai jualan online, saya tidak punya modal sama sekali jualan online mengambil barang dari kakak dan di jual kembali. Hingga akhirnya, sampai saat ini masih berjualan online di marketplace. Meskipun tidak sebesar orang-orang, saya syukuri. Karena saya percaya dan yakin apapun rezeki yang di dapatkan berarti itu adalah porsinya. 

Meskipun masih pemula, tapi saya ingin sedikit berbagi buat para milenial yang ingin memulai jualan online. 

1. Niat 

Pastikan niatnya betul-betul. Tujuan kamu berjualan untuk apa? Pastinya buat menghasilkan cuan yang berlimpah. Tapi, kalau niatnya ingin menghasilkan cuan yang besar, percaya deh belum 1 minggu aja sudah menyerah. Niatnya harus benar. Jualan itu tidak semudah yang dibayangkan. Segalanya butuh proses. Segala sesuatu berawal dari niat. 

2. Kuat Mental

Mental sangat perlu. Apalagi sekarang persaingannya sangat berat. Ditambah lagi para penjual yang perang harga. Harus dikuatin mentalnya. Kuatin mental menghadapi konsumen yang terbilang cukup rese, penjual perang harga, kompetitor mulai meniru yang kita lakukan, ditambah lagi pengunjung sepi. Kalau tidak kuat mental, tidak akan bisa jualan online. Mental itu penting. Saat kamu terpuruk, ingat ke poin pertama yaitu niat. 

3. Konsisten

Tidak semua orang konsisten dalam jualan online. Kalau tidak konsisten tidak akan bisa. Kenapa harus konsisten? Dalam berjualan tidak semulus jalan tol. Ada jalan yang berliku dan banyak kerikilnya. Ada aja hambatannya. Kok jualan gini ya. Kok malas ya. Pokoknya banyak alasan. Tidak sedikit orang berhenti di jalan karena mereka lupa dengan prinsip konsisten. Kalau pun saya tidak menerapkan konsisten dalam berjualan, mungkin saya tidak berjualan sampai sekarang dan memilih pekerjaan tetap agar bisa dapat gaji tiap bulan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x