Mohon tunggu...
ADELIA DWIPRISTANTI
ADELIA DWIPRISTANTI Mohon Tunggu... Lainnya - MAHASISWA PRODI S1 KESEHATAN MASYARAKAT

MAHASISWA PRODI S1 KESEHATAN MASYARAKAT

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Lulusan Kesehatan Masyarakat Kerja di Puskesmas?

23 November 2020   14:10 Diperbarui: 23 November 2020   14:17 817
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

LULUSAN KESEHATAN MASYARAKAT KERJA DI PUSKEMAS?
Mau sedikit cerita ni teman-teman, Saya mahasiswa kesehatan masyarakat di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya semester 1. Saya ditanya orang tua saya , kuliah mau ambil jurusan apa? Tanpa fikir panjang saya jawab jurusan kesehatan masyarakat pak bu, memang jurusan kesmas ini melenceng dari jurusan saya sewaktu smk yaitu keperawatan. Tentu orang tua saya kaget atas jawaban saya karena orang tua saya berfikir saya akan meneruskan di jurusan keperawatan. Kemudian beliau bertanya kembali kepada saya, kesmas itu bagaimana? Dan prospek kedepannya bagaimana? Saya jawablah pertanyaan orang tua saya dengan kepolosan ilmu saya, saya menjawab kesmas itu jurusan yang mempelajari ilmu seperti promosi kesehatan atau penyuluhan ke masyarakat dan untuk prospek kedepannya saya jawab bisa bekerja di puskemas (sungguh miris pemikaran saya wkwk), setelah mendengar jawaban saya, orang tua saya langsung tertawa disini saya bingung apakah salah jawaban saya? Kemudian orang tua saya bertanya kembali kepada saya, apakah benar saya minat dengan jurusan ini? Kemudian saya jawab "saya minat", orang tua saya langsung berbicara kepada saya, " kalau kamu minat dengan jurusan ini silahkan dicari lebih dulu seluk beluk jurusan ini, apakah memang ini passion kamu, dan apakah prospek kedepannya baik untuk masa depan kamu ". dengan semangat yang membara saya ambil hp saya dan saya buka google dan mulai mencari tau tentang jurusan kesehatan masyarakat, dan saya kaget setelah melihat jawaban dari google yang ternyata jurusan kesmas itu bukan melulu tentang promosi dan penyuluhan, ternyata banyak sekali ilmu yang dipelajari di kesehatan masyarakat dan bisa dibilang jurusan kesehatan masyarakat ini adalah jurusan yang mempelajari seluruh ilmu, dan untuk prospek kedepannya setelah saya saya baca dari google ternyata tidak hanya kerja di puskesmas (disini saya menertawakan diri saya) ternyata lulusan kesmas bisa menjadi ahli epidemiologi,manajer data klinis, manajer layanan medis dan kesehatan, dan pengajar di bidang kesehatan. Betapa tergiurnya saya dengan kalimat prospek kesmas. Dengan semangat saya memberitahu orang tua saya mengenai apa saya yang saya baca dari google, kemudian orang tua saya berbicara "kesmas ini termasuk jurusan yang menarik, silahkan kamu ambil jiga memang kamu tertarik . untuk prospek kedepannya memang bukan hanya di puskesmas tapi itu kembali kepada diri orang masing-masing jika kamu mau belajar prospek paling tinggi pun pasti bisa kamu gapai". Jadi begitu teman-teman cerita saya sewaktu memilih jurusan kesmas, jadi bisadisimpulkan LULUSAN KESMAS TIDAK HANYA BEKERJA DI PUSKESMAS , banyak banget prospek kedepannya yang menggiurkan tapi kembali kepada diri kita sendiri, jika kita rajin belajar dan niat insyalllah bisa tercapai.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun