Mohon tunggu...
Ade Arkhamuddin
Ade Arkhamuddin Mohon Tunggu... ASIK

Mahasiswa jurusan Kimia Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa Undip Asal Brebes Menyulap Kulit Bawang Merah Menjadi Hand Sanitizer

5 Agustus 2020   11:12 Diperbarui: 5 Agustus 2020   11:06 53 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Asal Brebes Menyulap Kulit Bawang Merah Menjadi Hand Sanitizer
Produk Hand Sanitizer dari Ekstrak Kulit Bawang Merah (Dokpri)

Brebes (22/7) -- KKN UNDIP Tim 2 yang dilaksanakan dari tanggal 5 Juli sampai 15 Agustus 2020 berbeda dengan KKN yang sebelumnya. Karena adanya situasi pandemi Covid-19 sehingga dilakukan perubahan tanpa mengurangi esensinya. 

Tema yang diangkat pada KKN kali ini yaitu "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs)". Salah satu program yang dilaksanakan adalah pembuatan hand sanitizer dari ekstrak kulit bawang merah serta edukasi tentang pencegahan Covid-19.

Dalam pandemi Covid-19 ini, masyarakat dihimbau dan diwajibkan untuk melakukan protokol kesehatan, salah satunya yaitu penggunaan handsanitizer bila diluar rumah. Brebes merupakan sentra bawang merah terbesar di Indonesia telah memberikan kontribusi 18,5 persen produksi nasional atau 57% dari produksi Jawa Tengah. 

Menurut jurnal ilmiah bahwa "Tidak hanya bagian umbi lapis bawang merah saja, ternyata bagian kulit luar bawang merah yang seringkali dibuang diketahui memiliki aktivitas antimikroba"

Pembagian hand sanitizer diberikan kepada masyarakat RT 06, pedagang, musholla dan pondok pesantren. Selain pembagian hand sanitizer juga dilakukan edukasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat. Edukasi ini dibantu dengan menggunakan media poster agar masyarakat lebih memahaminya.

Pembagian Hand Sanitizer dan Edukasi (Dokpri)
Pembagian Hand Sanitizer dan Edukasi (Dokpri)

Dalam pelaksanaan program, masyarakat terlihat antusias saat mendengarkan penjelasan mahasiswa KKN dan juga masih ada beberapa masyrakat yang belum menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Pemasangan poster ditempat umum membantu agar masyarakat dapat membaca dan mematuhi protokol kesehatan. 

Program ini pun disambut baik oleh Ketua RT 06 RW 05 Kelurahan Brebes. "Pemanfaatan limbah kulit bawang merah yang digunakan sebagai bahan aktif hand sanitizer merupakan ide yang bagus, diketahui Brebes merupakan pemasok bawang merah terbesar sehingga dengan adanya ini dapat mengurangi potensi limbah dan mengubahnya menjadi hal yang bermanfaat", ujar Pak Hadi selaku ketua RT 06 RW 05 Brebes.

Penulis : Ade Arkhamuddin (Kimia -- FSM)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x