Mohon tunggu...
ADE SATRIANA
ADE SATRIANA Mohon Tunggu... Do the best and pray. God will take care of the rest

Tenaga pendidik SLBN 1 Tanjungpinang Propinsi Kepulauan Riau.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sebut Saja ODGJ!

23 Februari 2021   23:51 Diperbarui: 24 Februari 2021   07:24 33 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebut Saja ODGJ!
eksposkaltim.com

SEBUT SAJA ODGJ

Oleh: Ade Satriana Nst

Ini kisah salah satu di antara beberapa ODGJ. Hampir dua belas tahun dia hidup di jalanan. Tidur berselimut dinginnya malam, beratap langit dan cahaya bintang. Di bangku halte panjang, tubuhku meringkuk sendirian.

Tidak ada satu pun yang peduli. Semua menganggap  dia gila, atau mungkin benar  gila. Baju yang dia pakai hanya berganti ketika seseorang menggantikan bajunya. Upahnya sebungkus nasi tuk mengganjal perut.

Dia tidak butuh mandi, makan teratur atau pun olah raga. Syukurnya dia tidak pernah merasakan sakit. Sakit hanya ketika lapar, haus, dan bila turun hujan kedinginan.

Berjalan di bawah teriknya matahari, tidak membuatnya takut, bila kulit akan menghitam. Dia terus  menempuh perjalanan tanpa tujuan.

Dia tidak mengenal lagi dirinya, keluarga, dan apa pun itu. Dia juga tidak tahu mengapa orang menghindar darinya, jijik, atau takut padanya.

Tapi kini banyak you tober mengambil konten tentang orang-orang seperti dirinya. Setidaknya mulai ada yang mau peduli terhadap orang-orang seperti itu. Mereka mempopulerkan istilah ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa). Itulah istilah yang di gunakan saat ini untuk memperhalus sebutan orang gila.

Beberapa you tober, membuat konten tentang ODGJ. Mereka melayakkan hidupnya, membersihkan tubuhnya yang dekil ini, memotong rambut gimbal dan kuku hitam panjangnya. Menumbuhkan semangat untuk pulih, dan mengembalikan ke keluarga, bila masih ada keluarga yang mau menerima untuk kembali. Kalau tidak memiliki keluarga, mereka akan mengantar  di beberapa yayasan yang melayani ODGJ.

Peran beberapa you tober ini membantu pemerintah untuk menanggulangi beberapa ODGJ yang masih berkeliaran di sepanjang jalan. Apapun itu tendensinya, setidaknya telah memberikan pengaruh positif dalam sosial masyarakat.

Sebutan ODGJ masih asing  bagi sebagian masyarakat umum. Telinga masyarakat sudah terlanjur familier dengan ejekan  anak-anak yang selalu berteriak,

"Orang gila ..., orang gila ..., " terlihat senyum puas anak-anak setelah lontarkan olokan itu. Kemudian mereka berlari dengan tawanya.
Sekarang anak-anak jadi sulit mengejeknya, dengan istilah baru ODGJ. Kini justru ODGJ yang  tertawa.  

Dia teruskan kembali langkahnya, mengukur jalan yang tak berujung ini. Dia juga tidak tahu berapa lama lagi harus mengukur jauhnya perjalanan hidupnya.

Tanjungpinang,  23 Februari 2021

Sumber gambar

https://eksposkaltim.com/images/img_blog/53ilustrasi-orang-gila-merokok.jpg

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x