Mohon tunggu...
Addina Aini
Addina Aini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

beruntung dalam segala hal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kreatif! Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Ajak Anak-anak Melatih Kecerdasan Visual-Spasial dengan kegiatan Mewarnai

15 Agustus 2022   23:38 Diperbarui: 15 Agustus 2022   23:42 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kendal (15/08/2022) Sesuai dengan SDG'S no 4 yaitu Pendidikan bermutu (Quality Education). Memastikan agar pendidikan berkualitas bisa diakses oleh semua orang. Hal ini lantaran pendidikan punya peranan yang sangat penting dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat. Tujuan Pendidikan adalah membantu peserta didik mengembangkan berbagai kemampuan atau kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak baik psikis maupun fisik, yang biasa disebut "Multiple Intelegences". Kecerdasan visual spasial merupakan salah satu kecerdasan majemuk yang memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan berbagai hal dan memiliki kelebihan dalam hal berpikir melalui gambar.Pada prinsipnya kegiatan menggambar dan mewarnai yang dilakukan oleh anak merupakan kegiatan naluriah, seperti halnya makan, minum, berbicara dan bercerita kepada orang lain. Rasa seni dimulai dengan bagaimana anak bisa menata benda-benda disekitarnya.

Kecerdasan visual-spasial adalah kemampuan memahami, memproses, dan berpikir dalam bentuk visual. Kecerdasan Visual spasial berkaitan dengan kemampuan menangkap warna , arah, dan ruang secara akurat. Anak yang cerdas dalam visual spasial memiliki kepekaan terhadap warna , garis-garis, bentuk-bentuk, dan bangunan-bangunan. Kecerdasan visual-spasial bisa mempengaruhi proses belajar anak di sekolah.

Cara mengembangkan kecerdasan visual spasial anak salah satunya yaitu menggambar dan mewarnai. Sangat sederhana bukan?
Dalam kegiatan menggambar, anak akan berlatih membentuk berbagai gambar dari garis urus atau lengkung. Ini bertujuan untuk melatih anak menerjemahkan suatu bentuk kedalam pikirannya menjadi gambar dua dimensi. Sedangkan dalam kegiatan mewarnai ini bisa melatih anak mengenal batasan posisi warna.

Untuk itu, dalam rangka melatih kecerdasan visual-spasial pada anak, Mahasiswa Psikologi KKN TIM II Undip Addina Qurrotul Aini mengajak anak-anak di Kelurahan Patukangan Kabupaten Kendal untuk mewarnai gambar, kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta anak-anak umur 5-12 tahun. Mewarnai bukan hanya sekadar aktivitas yang menyenangkan saja bagi anak, tapi ternyata juga memiliki beragam manfaat dan berperan penting dalam tumbuh kembangnya di masa mendatang. Program ini lancar dilaksanakan , melihat antusiasme anak-anak yang datang dengan membawa peralatan mewarnai. Hasil anak-anak mewarnai juga sangat memuaskan, warna yang tidak keluar dari garis gambar, warna yang bervariasi, serta menambahkan nama mereka di belakang gambarnya.

Mengapa kegiatan mewarnai ini ini dipilih?
Aktivitas mewarnai adalah salah satu media terbaik untuk menyampaikan pesan, menyalurkan emosi, atau hal-hal lain yang tidak dapat disampaikan secara lisan. Manfaat menggambar dan mewarnai bagi perkembangan anak selanjutnya adalah mencegah risiko terkena penyakit Alzheimer sejak dini. Walaupun penyakit ini berkaitan dengan memori otak, kegiatan menggambar dan mewarnai akan menuntut anak untuk berpikir ketika berimajinasi serta meningkatkan ingatan. Kegiatan ini juga sangat membantu anak yang mengalami kesulitan untuk berkomunikasi, seperti rasa malu atau kurang percaya diri di Kelurahan Patukangan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun