Mohon tunggu...
Mediaaddawaa
Mediaaddawaa Mohon Tunggu... Dokter - Official Account Addawaa Indonesia

melahirkan generasi sehat penjaga kesehatan ulama dan umat

Selanjutnya

Tutup

Healthy

9 Titik Bekam yang Sesuai dengan Hadits

1 Desember 2022   15:51 Diperbarui: 2 Desember 2022   11:07 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
9 Hadits yang dapat dijadikan rujukan para pembekam.

Assalamualaikum sahabat Addawaa semua, dan giman kabarnya?. semoga selalu dalam keadaan sehat ya, amin..
Pengertian, yang di maksudkan titik Nabawi adalah titik-titik bekam yang didasarkan kepada hadits-hadits Rasulullah, baik secara amaliah, qauliyah, taqririyah, maupun shifah.

Dengan kata lain, titik-titik tersebut yang diaplikasikan kepada beliau sebagai pasien (karena beliau tidak pernah berperan sebai pembekam), atau beliau menyampaikannya melalui lisan, atau ada orang lain yang melakukan dan diakui oleh beliau, atau beliau menyampaikan suatu pensifatan tentang titik bekam.

Posisi titik Nabawi tidak dijelaskan sendiri oleh beliau, namun dijelaskan para sahabat beliau,atau dapat di pahami dengan cara membaca berbagai macam kitab-kitab syuruh hadits.

Atau memahaminya lewat kitab kamus, atau sebagaimana yang dijelaskan oleh para ulama dan dokter yang mengembangkan kajian tentang Thibb Nabawi.

1.Ummu Mughist (puncak kepala)
"Dadi ibnu Umar, bahwa Rasulullah SAW pernah meminta hijamah dibagian kepala atas, yang disebut Ummu Mughist"(diriwayatkan Ath-Thabrany, Menurut Syaihk Al-Abany, ini hadits hasan).

Posisi titik Ummu Mughist dibagian tengah atas bagian kepala, yaitu pertemuan dua garistengah kepala dari depan ke belakang, dan dua garis lurus antara dua telinga.

2.Al Hammah
"Dari ibnu Abi Kabsyah Al-Anmari, bahwa dia penah penyampaikan hadits, bahwa Rasulullah SAW pernah meminta hijamah/bekam di titik  Hammah beliau dan di antara dua pundak, seraya bersabda, "barang siapa mengeluarkan darah dari bagian ini, maka dia tidak perlu berobat dengan pengobatan yang lain untuk menyembuhkan suatu penyakit."(Ditakhrij Abu Daud, 3861,3862;dan Ibnu Majah,3484).

Secara umum ketika disebit Hammah, maka artinya kepala. bagian kepala manapun. Tapi makna yang lebih terkhusus adalah bagian tengah kepal atau bagian paling atas dari kepala.

3.Al-yafukh
"Dari abu Hurairah, bahwa Abu Hindun pernah membekam Rasulullah SAW  di titik al-yafukh, Rasulullah SAW bersabda "wahai bani Bayadyah, nikahilah Abu Hindun adn ceraikanlah istri untuknya." beliau juga bersabda, "kalaulah dalam suatu pengobatan yang kalian lakukan ada manfaat, maka manfaan itu ada pada hijamah/bekam." (Ditakhrij Abu Daud, 2104).

titik bekam Al-Yafukh berada dipertemuan dua ujung telinga/tempat bertemunya tulang kepala depan dan belakang.

4.Ar-Ra's
"Dari ibnu abbas bahwa Rasulullah SAW pernah meminta hijamah/bekam di kepala ketika beliau sedang berihram karena sakit yang dialami di kepala beliau."(Ditakhrij Abu Daud,1838, dishahihkan Nasiruddin Al-Albany daam hahih wa Dhaif sunan Abi Daud,4/336)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun